Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Gaming Mousepad Roccat Sense


ROCCAT salah satu brand gaming equipment yang sudah terkenal di luar negeri, dimana brand ini turut menjadi rival dalam persaingan gaming equipment kelas atas ( Premium ) seperti Razer dan SteelSeries. Kabar gembira-nya pun produk ROCCAT sudah masuk dan dijual secara resmi di Indonesia oleh distributor resmi AMT ( ADVANCE ). Pada kesempatan kali ini FILE akan mereview sebuah product dari ROCCAT berupa mousepad gaming, Roccat Sense. Mousepad ini berbahankan rubber ( karet ) yang pada permukaan atasnya diberi lapisan MICROCRYSTALLINE COATING yang memberikan permukaan lembut dan licin pada mousepad, sedangkan pada bagian belakangnya yang terdiri dari rubber ( karet ) akan membuat mousepad ini tetap diam dan tidak bergeser kemana-mana. Ukuran mousepad ini sendiri cukup luas 400mm x 280 mm dan untuk ketebalan mousepad ini tergolong tipis 1,35mm. Mousepad Roccat sense sendiri juga memiliki 2 tipe desain gambar permukaan yang berbeda, Roccat Sense Glacier Blue ( Tipe yang direview FILE )dan Roccat Sense Andrenaline. Roccat sense ini juga memiliki mobility yang baik dimana mousepad ini dapat dilipat / digulung untuk dibawa kemana-mana.

           
Performance Test

FILE-pun mencoba Mousepad ini dalam beberapa game dengan menggunakan mouse Roccat Kone dan Razer Lachesis, Mousepad ini mampu mengoptimalkan kemampuan tracking pada kedua mouse yang digunakan oleh FILE, dimana gerakan kedua mouse menjadi lebih smoth dan responsif. Tidak hanya itu , dengan bentuk fisik mousepad yang memiliki ketabalan yang tipis, membuat mousepad ini ketika dilekatan dimeja serasa menyatu di meja dan permukaan mousepad ini menjadi keras layaknya sebuah mousepad berbahan alloy (keras). Hal ini juga menyebabkan, ketika mouse memiliki dpi tinggi ( > 2000 dpi ) yang untuk melakukan double click terasa sulit ( karena pointer yang begeser) menjadi lebih gampang dan mudah.

Ada lagi hal yang cukup menarik pada permukaan mousepad ini yang menggunakan MICROCRYSTALLINE COATING dimana permukaan mousepad ini menjadi lebih licin sehingga mouse dapat bergeser dengan lancar dan sifat bahan yang lembut yang tentunya membuat tangan tidak lecet dalam penggunaan mouse yang yang intense dalam jangka panjang. Akan tetapi, mousepad Roccat Sense ini memiliki kelemahan, khususnya bagi para pengguna yang memiliki tangan yang gampang berkeringat ketika menggunakan mouse, karena keringat dari tangan pemakai dapat memberikan efek perubahan koefisien gaya gesek pada mouse ini , dimana ketika mousepad Roccat Sense ini terkena keringat atau air, permukaan mousepad ini menjadi kurang licin, sehingga butuh tenaga lebih untuk menggeser mouse.

Secara keseluruhan Mousepad ini memiliki performa yang baik terutama dalam mengoptimalkan kemampuan tracking pada mouse akan tetapi mousepad ini kurang cocok bagi pengguna yang memiliki tangan yang gampang berkeringat ketika bermain.


Kelebihan:

- Permukaan lembut dan licin
- Optimalisasi Tracking mouse 

Kekurangan:
- Koefisien gaya gesek yang mudah berubah.

0 Komentar: