Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Basic Overclocking

Overclocking
hasil Overclock to 2,7 Ghz
What is Overclocking?
Why we Overclock our PC?
Well sekarang Overclock udah jadi mode komputer2 DIY(Do it Yourself) alias komputer rakitan. banyak Hardware yang seharusnya bisa bekerja lebih, tetapi diabuat bonsai oleh manufaktur adalah hal biasa. Atau kadang ada hardware yang harganya ga masuk akal, membuat orang geram dan membuat orang terpacu untuk melakukan overclocking pada PC-nya.
Apakah salah? tentu tidak… karena pada jaman sekarang semuanya serba Overclock, baik Sumber daya manusia ataupun PC :) tapi yang akan saya tulis disini, tidak ada hubungannya dengan overclock SDM :D disini saya hanya menulis bagaimana mengoverclock PC. Tenhtunya ini dasar dan aman apabila melakukannya dalam batas “wajar”(jangan Prosesor 2Ghz ditarik ke 6Ghz itu sih ga wajar :D ). Well ada beberapa tahapan, semoga bisa menambah pengetahuan :)
  1. PART 1 – Overclocking Beginer, Basic Overclocking
  2. PART 2 – RAM Overclocking
  3. PART 3 – Increasing Vcore, Stability test

Overclocking basic

Karena lagi nganggur, ga ada kerjaan, gw tulis ini aja dech
WHAT IS OVERCLOCKING(PART I ~ LEVEL 1)
What is overclocking?
Overclocking diambil dari 2 kata: Over dan Clock Over yang berarti lebih sedangkan Clock bukan berarti jam melainkan lebih ke kinerja. Sehingga Overclocking berarti Mempekerjakan sesuatu lebih dari apa yang ditetapkan(dalam hardware berarti produsen, walau sekarang produsen telah membuat produk yang langsung di OC dari pabriknya).
Why kita meng-overclocking?
Karena pada dasarnya kita selalu haus akan kinerja yang tinggi, tetapi selalu dan always, kita kekurangan budget(Selalu bukan :)) ). Itu faktor pertama. Faktor kedua adalah, dalam suatu hardware, terkadang banyak yang dibuat “bonsai” kemampuannya. Padahal kalau dilepaskan sedikit saja kemampuannya bisa melebihi hardware yang harganya bisa mencapai 2 bahkan 9 kali lipat(ga percaya…. :em30:, you can see on CHIP 07/2007 ada di post sebelum ini)…
Apa yang kita butuhkan?
  1. Sebuah komputer yang pasti(sebaiknya non-build-up) yang OC-able. Karena motherboard biasa, biasanya ga gitu dukung Overclock. Memang butuh duit lebih untuk mendapatkannya :D
  2. HSF yang masih bekerja sebagaimana pastinya(jikalau ada uang tambahan belilah HSF non standart dari beberapa produsen terkenal seperti Thermaltake, Artic, CC atau lainnya).
  3. Power Suplly unit yang memadai. Disarankan tidak menggunakan PSU kurang dari 450 watt dan sebaiknya menggunakan PSU merk terkenal yang memiliki daya cukup. PSU yang baik menjaga kelangsungan dan umur komponen komputer. Sebagai tambahan lain satu-satunya faktor yang paling menentukan umur komponen adalah PSU apabila faktor suhu tidak jadi masalah lagi.
    Beberapa PSU yang suka digunakan dan termasuk kualitasnya baik diantaranya: FSP(SAGA, Blue Strom, Epsilon, Kingcraft 1000watt), Tagan, Lainnya bisa baca disini. Harga berfariasi, minimal sekitar 500 ribu rupiah.
  4. Memory(RAM) yang bisa diajak “lari”
  5. Program2 Overclock seperti : CPU-z, Orthos, Corethemp, atau Speedfan dll(bisa di download disini), untuk versi yang uptodate, cari sendiri di internet :D
Disini aku menganggap udah pada ga takut untuk buka casing komputer atau paling enggak pernah bongkar hardware komputer.
Sebelum kita lompat ke main event kita:em57:, disini kalian harus mengerti. Kerusakan terjadi bukan tanggung jawab saya :D Dan semua tanggungan Kalian sendiri apabila terjadi kerusakan.
Tetapi tak perlu takut karena Overclock bukanlah sesuatu yang menakutkan. Bahkan buat newbie kayak saya sendiri bisa melakukannya dengan mudah. Dan tentu saja tidak berbahaya(jikalau masih dalam batas wajar:D )
ENTERING AND MODIFY BIOS (PART I ~ Level 1 ~easy)
Okey, sebagai contoh, gw pake contoh prosessor saya sendiri, sebuah Core2Duo E4300 yang memiliki kecepatan 1,8Ghz dan memiliki L2 cache sebesar 2MB dan FSB 800Mhz(saja). Prosessor ini banyak digembar gemborkan sebagai salah satu prossesor yang paling friendly kalau di OC. Butuh diinget jenis yang sama tidak selalu menghasilkan hasil yang sama.
Pertama, kita harus tau dulu, bagaimana keadaan standart prosessor kita. Keadaan ini bisa dilihat dengan bantuan program seperti CPU-z. tetapi jangan bingung kalau speednya koq beda sama aslinya seperti ini:
Jangan lihat yang ini
Tetapi coba kasih beban dikit untuk membuka program berat, contohnya gw buka photoshop CS2, maka nilai multiplier akan berubah naik seperti ini:
Speed Normal 9 kali
Nah dari situ kita bisa liat isi komputer kita(terutama prosessor) yang mau kita OverClock. Kemudian siapkan program2 Overclock. Dan restart Kompie. Masuk ke BIOS setup(biasanya teken DEL waktu di halaman depan booting).

Nah selanjutnya tergantung Mobo masing-masing. Apakah Mobonya emang dirancang untuk OC atau enggak. Kalau iya, cari opsi yang dimana bisa untuk mengubah FSB rating, Voltage control dll, kalau tidak, biasanya terdapat opsi tersembunyi atau memang disembunyikan, tekan ctrl+F1 untuk membukanya. Ini gambar pada mobo saya, menu overclocking ada pada MB Intelegent Tweaker(M.I.T) (Well tolong abaikan isi value yang sudah tertera di dalamnya, seperti CPU host Frequency, Memory multiplier, dan Timing RAM gw lupa ga set ke default dulu

Disini biasanya multiplier sudah di lock ga bisa lebih tinggi dari yang sudah ditentukan(kecuali Proc. Extreme Edition intel yang di unlock, cuma harga Extreme edition tu diatas kantong orang2 biasa harganya :P ). Dalam kasus ini, E4300 memiliki nilai multiplier 9 kali. dan tentu saja ga bisa dinaikin.
Jadi untuk mengoverclock CPU, kita naikan BUS Speed-nya. Rumus dari overclock ini adalah:
Clock Speed(MHz) = multiplier x BUS Speed(Mhz)
Naikan Bus Speed pelan-pelan. Sebagai Contoh dalam E4300 gw pengen naikin dari 1,8Ghz ke 2,4 Ghz. Maka saya menaikan Bus Speed ke 266. Dan apabila hendak ke 2,7 Ghz naikan ke 300Mhz.

Dan setelah itu ada lagi yang harus dikerjakan, yaitu setting DRAM multiply ke 2, agar perbandingan RAM dan FSB menjadi 1 : 1(KHUSUS INTEL PLATFORM). Jikalau tidak diganti, akan diset otomatis oleh BIOS(dan agak nonesense emang kalo kita udah masuk ke clock tinggi)

Kemudian exit dan save setting(F10 lalu ENTER). Masuk ke Windows(mo XP atau Vista sama saja). Sekarang kita cek apakah sudah terjadi penambahan? Dan hasilnya bisa langsung dilihat:

Nah sudah naik ke 2,4 Ghz sekarang. walau begitu sebenarnya itu masih ada yang kurang. untuk mencapai clock segitu(2,4 – 2,7 Ghz) E4300 tidak membutuhkan voltage segitu besarnya. Tetap di normalkan saja. Caranya ada di bagian control voltage di dalam BIOS. Set ke default value(Untuk E4300 defaultnya di 1.325 Volt). Biasanya juga nilai defaultnya tercantum dalam bios, jadi ga operlu pusing. Atau coba lihat Coretemp, disitu ada



Setelah semuanya oke, Kita bisa mulai mengetest seberapa Ampuhnya Overclocking yang telah dilakukan. :P
Gunakan program CoreThemp untuk memantau suhu dan Orthos untuk mengetest kestabilan system baru. Gunakan juga Speedfan untuk melihat voltage apakah stabil atau tidak.
Apabila Orthos berhasil, tanpa error berarti system udah oke dan stabil. paling enggak jalankan Orthos 1 jam kalau mau… atau cukup 15 menit kalau hanya sekedar ngetest aja.
Gunakan Super PI untuk mengetest kecepatan kalkulasi, bandingkan dengan configurasi lama. Atau gunakan program bechmark seperti 3DMark dan PC Mark atau lainnya untuk melihat kenaikan performa. Secara khusus untuk E4300 overclock hasil dan perhitungannya seperti tabel di bawah ini.
Apabila memutuskan untuk menaikan ke posisi Bus speednya ke 300 Mhz:
hasil Overclock to 2,7 Ghz
Setelah semuanya oke, Kita bisa mulai mengetest seberapa Ampuhnya Overclocking yang telah dilakukan.
Gunakan program CoreThemp untuk memantau suhu dan Orthos untuk mengetest kestabilan system baru. Gunakan juga Speedfan untuk melihat voltage apakah stabil atau tidak.
Apabila Orthos berhasil, tanpa error berarti system udah oke dan stabil. paling enggak jalankan Orthos 1 jam kalau mau… atau cukup 15 menit kalau hanya sekedar ngetest aja.
Gunakan Super PI untuk mengetest kecepatan kalkulasi, bandingkan dengan configurasi lama. Atau gunakan program bechmark seperti 3DMark dan PC Mark atau lainnya untuk melihat kenaikan performa. Secara khusus untuk E4300 overclock hasil dan perhitungannya seperti tabel di bawah ini.

naikan Bus Speed ke 300 apabila ingin mencapai 2,7 Ghz, saat di 2,7 E4300 masih belum membutuhkan daya tambahan.
Setelah okey semua, langkah berikut ini banyak disarankan walau tetep ja ada pro dan Kontra, Lakukan stress Test menggunakan Orthos selama minimal 12 jam untuk mengetahui apakah Overclock yang kalian lakukan berhasil atau tidak atau dengan kata lain, Stabil atau tidak…
Sory, gw gaada gambar test waktu di 2,7Ghz yang 12 jam.. adanya yang waktu di 3 Ghz…Sebagai patokan bahwa Overclock diatas tidak membutuhkan penambahan Vcore(Voltage Core prosessor)
Kenaikan score prosessor sangat terlihat dalam PCMark2005. Semenjak pertama kali dalam kondisi default sampai dalam kondisi OC-ed dapat dilihat dari data berikut:
Normal : 4625
Overclock  Score to 2,4 Ghz
Overclock to 2,4 Ghz
Over  Clock to 2,7 Ghz
OverClock to 2,7 Ghz
Apabila masih berniat tahu dan ingin melanjutkannya, silahkan ke langkah keduanya :
PART 2 – Increasing Vcore, Stability test

OverClocking Guide part2 ~ increasing Vcore

“Sebelum mengikuti langkah kedua ini, diharapkan sudah bisa menguasai atau berhasil melakukan PART 1. “
Well kita lanjut dari kemarin. Anggap sekarang kasusnya kita ga puas(misal Temen kita manas-manasin dengan prossesor X6800 dia yang seharga US$1000) dan kita pengen bisa lebih hebat.Tapi anggap untuk E4300 untuk lebih dari 2,7 sampe ke 3 Ghz kadang butuh penambahan Voltase core. Nah gimana caranya? kalo emang kebelet pengen naikin lagi.Dengan sedikit keberanian, gw coba sendiri tanpa ambil referensi dari manapun. Walau ini sangat dangerous dan saran saya… BELI HSF NON STOCK dari merek yang terkenal  (e.x. ThermalTake, Schyte, or apalah gitu). harganya bervariasi. Mulai dari 380 ke atas. Sebagai gambaran saya memakai Thermaltake BigTyp 120VR seharga 410 ribu rupiah. Oh yap perhatikan juga suhu ruangan. Karena sudah barang pasti pengaruh dengan suhu. Air Flow Case juga masuk dalam hitungan. Software yang dibutuhkan ga jauh dan ga beda dari sebelumnya. tetapi yang diperlukan sih pasti Orthos, Speedfan, dan Coretemp 0.95(utk Core 2 duo dan beberapa series … liat @ it’s site for detail).Secara keseluruhan yang akan kita lakukan seperti ini:
peraturannya tetap sama, Do At Your Own RISK!!!Okey sekarang kita mulai. Gw anggap udah pada ngerti lah dan udah baca di halaman sebelumnya  bagaimana meng OC proccie. Ok let’s  DANCE !!!
PART I – RAM TIMING
Okey, walau ini sebenernya bukan masuk dalam OC procie(karena pertama yang mau kita tes adalah RAM). Ini butuh kita lakukan untuk RAM kelas Value atau jikalau kita ingin menarik RAM kelas premium kita supaya jauh lebih kenceng jikalau diajak lari.

Hanya ini perlu diperhatikan, bahwa RAM tidak memiliki detektor suhu, sehingga dengan ini kita ga tau apakah RAM tersebut sudah kepanasan atau belum. Maka dari tiu apabila rasa-rasanya sudah to much, lebih baik hentikan peng-ketatan timing. karena bisa merusak Chip memory.
Okey, seperti biasa, kita masuk ke BIOS. kemudian tergantung mobo Anda, kalau saya masuk ke MIT. Hanya saja fungsi overclocking RAM masih disembunyikan, oleh karena itu gw tekan ctrl + F1, maka akan muncul opsi untuk overclock RAM(yang masih berwarna biru):

Okey, ubah “DRAM Timing Selectable” ke manual supaya kita bis amelakukan OC pada RAM ini. Dengan mengetatkan timing RAM, berarti kemungkinan terjadi kesalahan penempatan data dalam memory semakin besar, dan apabila terjadi kesalahan RAM memiliki kekuatan yang sangat dominan untuk membuat system crash atau blu skriin.
Sebelum kita rubah, value yang terlihat di screen tersebut adalah nilai defaultnya. Di situ tampak, RAM yang saya gunakan memiliki Timing 5-5-5-15.
Turunkan sedikit demi sedikit, misalnya saja ke 4-4-4-13. lalu coba save BIOS dan coba masuk ke Windows.
Siapkan tools seperti Super PI. Lakukan test(biar lebih mantap langsung ke 32MB {:wow:} ). Jikalau lolos, coba terus ketatkan timingnya sampai pada suatu titik super PI gagal dan windows masuk ke Blue Skriin of teh Ded  :ngakak: .
Itu menandakan kalau RAM membutuhkan daya tambahan untuk berjalan pada timing tersebut.
Okey, mari kita mulai kasih sedikit dooping ke RAM  x.x , butuh diingat, pasokan daya yang berlebih, bisa memperpendek umur phareperal, oleh karena itu penambahan daya harus sedikit demi sedikit sampai benar-benar pas ga lebih ga kurang.
Setting Voltage untuk RAM bisa dilihat di gbr berikut:

DDR 2 memiliki Voltage standart 1.8 Volt. Sebenarnya dan seharusnya penambahan 0.1 Volt bisa menghandle sampai timing 4-4-4-10 untuk RAM punya saya.
Apabila masih berniat meneruskan OC ini, lakukan pengketatan timing sampai timing gila seperti 3-3-3-4 (Kalo DDR2 pasti udah bau angus tuh  :ngakak: ). Jikalau RAM kalian sudah default segitu, ga usah di OC lagi(biasanya DDR 1 timingnya sudah seketat itu).
Apabila penambahan Voltage sudah dilakukan tetapi masih tidak bisa lolos test, hentikan OC segera dan kembalikan ke timing terakhir yang terstabil(paling tidak untuk jangka waktu sekarang) jangan terus memberi penambahan voltage atau segera mungkin bau hangus akan tercium dari dalam case  :senang:
Pengaruh OC ini apa? Well bisa dilihat dalam grafik berikut:

Semakin sedikit semakin bagus

Semakin besar semakin bagus
disana bisa kita lihat peningkatan kinerja memory setelah dilakukan pengketatan timing.Tujuan kita apa melakukan ini ga lain adalah untuk mengatasi bottleneck(Ketidak seimbangan kecepatan) anatar prosessor yang akan kita OC lagi dan memory.dan juga jangan termakan nafsu untuk menjadi yang terbaik, sayangilah hardwaremu, ga baik juga untuk penggunaan Daily needs pake RAM bertiming 3-3-3-7 bisa membuat RAM cepat rusak. IMO untuk gw daily need 3-3-3-10 udah top of the line dengan penambahan voltage 0.2 – 0.25 volt. ATau sekarang gw biasa melonggarkan lagi mengingat pemakaian PC gw hampir 24×7 ke 4-4-4-12 dengan penambahan voltage 0.1 volt.sekian ttg Timing RAM next ttg Main Menu… :DOkey sekarang kita mulai. Gw anggap udah pada ngerti lah dan udah baca di halaman sebelumnya  bagaimana meng OC proccie. Ok let’s  DANCE !!!
  1. Masuk BIOS tempat kita setting FSB dll(tekan ctrl + F1 kalau ga ada).
  2. Mulai naikan FSB ke nilai lebih tinggi. Kalikan dengan multiplier. seperti rumus sebelumnya
    Clock Speed(Mhz) = BUS Speed(Mhz) x Multiplier

    Anggap prossesor saya(E4300) ber-multiplier 9 kali dan gw pengen naikin ke 3 Ghz(Est. 3000 Mhz). Maka saya naikan dari posisi semula Bus Speednya menjadi 334Mhz(dengan estimasi 334Mhz x 9 = 3006Mhz= 3 Ghz). Ingat, DRAM frequency Multiplier harus dikali 2 (supaya 1:1). Dan ingat minim pake DDR2 667(Saya Anggap udah pake DDR2 semwoa, pada DDR pertama, kurang lebih sama peraturannya) dan kalau bisa yang bukan type biasa(value). karena biasanya memory Value ga bisa diajak lari(walau bisa diketatkan dikid timingnya).
  3. Coba save (F10 lalu save) lalu masuk WIndows. Pada kondisi ini saya fail masuk Windows. Entah alasannya itu ada file hilang, memory dumping(blue screen) dsb. Buat yang gagal lewati langkah ke 4. Okey… selamat Anda bisa masuk ke windows(gw ga bisa cry). Walau jangan senang dulu lol. Ada yang harus dilakukan.
  4. Okey… Buka Orthos dan juga pemantau suhu(Coretemp atau SPeedfan). Dan… kalau emang pake speedfan, bukalah 2 kali. pergilah menuju tab Chart dan cek beberapa bagian seperti ini:

    Fungsinya apa? Ini untuk melihat apakah PSU kalian kuat menghandle permintaan Daya yang berlebih saat terjadinya beban beraaaaat… Istilah kasarnya, biasanya PSU abal-abal ga bisa memenuhi permintaan daya Prosessor.
    jalankan Orthos. Sambil pantau suhu melalui Corethemp atau melalui Chart pada Speedfan yang satu lagi. jangan menambah beban apapun. Saat dilakukan, ORthos akan memberi beban  pada Prosessor dan RAM sampe tingkat maksimal.
    Biarkan selama 15 sampai 30 menit. Selalu pantau suhunya(keterangan baca di bawah)
    Apabila berhasil tanpa masalah, system Anda dikatakan stabil. Apabila terjadi ERROR(baik pesan dari Orthos atapun restart mendadak akibat memory DUMPing), berarti OC kalian belum sempurna… alias unstable. Ikuti langkah berikutnya
    Perhatikan Chart diagram VCore dan lainnya, jangan lanjutkan OverClock apabila VCore(1-4 mungkin) dan juga yang lainnya naik turun(kecuali +12 volt dia emang akan naik apabila beban bertambah dan berkurang saat ga ada beban).Apabila Anda adalah orang beruntung dan lolos, bisa lanjut melompat ke langkah ke 6!!!!
    hasil Overclock to 2,7 Ghz
    Proses pengetestan dengan Orthos, Corethemp dan Speedfan
  5. Jikalau terjadi ketidak stabilan atau kegagalan saat menjalankan Orthos, mungkin penyebab kegagalan tersebut yang pertama adalah Vcore(tegangan voltase untuk core procc) kurang. Akibatnya Prosessor kekurangan tegangan listrik. Jikalau itu terjadi, kita harus memberi suplly tegangan agar prosessor bisa bekerja tanpa kekurangan daya.
    bagiamana kita menambah tegangan? Jikalau mobo yang kita pakai BIOS-Nya mendukung Over Voltage control(bioasanya masih dalam satu menu pada tempat kita menaikan BUS Speed dan DRAM memory Frequency Multiplier), kita beruntung. Jikalau ga bisa atau ga ada coba tekan ctrl+F1. jikalau menu tetap tidak keluar, apeslah… tandanya MObo ga memberikan fasilitas tersebut. Cukup wajar karena kenaikan berlebih bisa mengakibatkan keursakan processor.Lalu bagaimana?easy, naikan voltage sedikit demi sedikit dari nilai defaultnya. Sebagai contoh dalam Motherboard saya(Gigabyte GA-P35-DQ6) di dalam M.I.T(tempat setting OC) nilai default terdeteksi E4300 adalah 1,325 Volt. Lalu saya naikan sedkit ke misalnya saja ke 1,330 volt. Setelah itu saya save kemudian booting masuk ke Windows. Apabila berhasil(masuk Windows), lakukan pengujian seperti langkah 4 diatas.bagaimana kalau gagal? lakukan kembali langkah 5 ini, sampai berhasil. HARUS diingat, Vcore jangan sampai melebihi 10% dari Vcore default.
    Contoh:
    Vcore  E4300 default adalah 1.325. Sehingga Vcore maksimal(dalam level ini) adalah  1,4575 volt. Diatas itu… lebih baik hati2…lol itu hanya untuk para expert Overclocker devil (gw aja ga berani). P.S. Satu lagi apabila kegagalan terutama memory Dumping terus menerus terjadi, kemungkinan RAM kalian ga bisa diajak lari. So turunkan ke Overclock yang dia bisa aja. kalau tetep ga bisa ya… nasib… ga bisa main OC deh turn
    Dalam kasus saya, saya mendapatkan voltage yang paling stabil di 1,350 volt.


  6. SELAMAAAAAAAAAAAAT
    Overclock Anda ke tingkat yang lebih tinggi “mungkin” berhasil. Kenapa Mungkin? saatnya memberi beban lebih. Jikalau memang oke aias berhasil, Orthos selama 1,5 jam tidak akan ada masalah. Cobalah untuk menjalankan Orthos jauh lebih lama selama kurang lebih 1,5 jam. Buat gw sendiri, gw pernah ninggal PC gw di Orthos selama 4 jam.
    Setelah penggantian HSF dengan TermalTake  BigTyp
    Pengecekan selama + 4 jam
    Satu lagi. walau mungkin di Orthos selama 1-2 jam ga ada masalah, terkadang gw alamin kadang kalau gw mo install sesuatu dalam artian lumayan berat installernya dalam proses unpack-nya atau gw mencoba membuka program berat, komputer akan mengalami Blue screen, itu juga menandakan OC kita belum stabil. Naikan Vcorenya sedkt lagi agar hal itu bisa dihindari.Selanjutnya… sudah selesai… silahkan Bechmark Komputer Anda!
    Adakah peningkatan performa?(pasti ada dunks :smile: ).
    Okey… Overclocking sudah selesai, selanjutnya silahkan baca note2 penting berikut ini…UPDATED(10 Feb 08):
    Sorry gw lupa masukin screenshoot ini :P
    Sebenernya ada suatu kewajiban untuk OVerclock mengetest apakah benar-benar bagus atau belum, yaitu lakukan Orthosing ampe minimal 12 jam:
    Orthosing 12 jam Success
Selamat bagi yang udah bisa dan selamat sampai sejauh ini. Gw belajar ini semua sebenernya dari banyak sumber. Pertama kali ya gw taunya cuman nambah BUS Speed doank, trus baca dari forum luar negri yang ngajarin overclock. Dan akhirnya sampe sekarang ya sukur deh bisa selamet. PC gw ga ada masalah. Cuman aja gw butuh DDR2 yang lebih tinggi(DDr2 800 – 1000 untuk bisa mencapai clock lebih tinggi).
beberapa Note yang mungkin dibutuhkan adalah:
  1. Perhatikan SUHU prosessor kalian. hentikan Overclock apabila sudah mencapai suhu 800C ke atas(well that very-very dangerous:smile:, apalagi kalau saat itu saat dia ga melakukan load penuh…).
    dalam hal ini kalian mungkin harus mengganti HSF stock asli prosessor dengan yang baru. Perhatikan contoh berikut ini, ini adalah gambar saat gw test Overclock ke 3 Ghz(dari default 1,8 Ghz) dengan HSF Intel LGA775 standart:

    Pengukuran suhu pada saat menggunakan HSF Intel Standart

    Suhu yang diperoleh tertinggi adalah 750C well itu tepatnya saat gw jalanin Orthos selama kurang lebih 20 menit. Dan setelah gw ganti dengan HSF baru gw(BigTyp 120VR) suhu maksimal bener2 turun ke maksimal 630C. Dan saat idle pun cukup menggiurkan suhunya lol.
    saat idle… kayak ga mungkin aja
    Suhu idle dengan HSF nonstock
  2. Kadang saat booting, seperti komputernya sudah nyala dan(sebelum bunyi “BEEEP” dari buzzer) mati, kemudian nyala lagi dan saat kalian masuk windows mengecek ternyata setting OC kembali seperti semula. Itu kadang terjadi apabila Voltage kurang atau Voltagenya berlebih.
    Jangan kira kalau sudah begitu aman lalu kalian biarin aja. Terutama kalau VCore sudah dinaikin, terus karena mungkin kalian pikir ga usah di OC lagi, lalu kalian biarin prosessor kalian mendapat over voltage dengan clock standart.
    itu bahaya. Bayangin aja, sebelumnya kalian emnaikan tegangan sampai misalnya 1.380 volt tetapi saat booting terjadi kejadian seperti itu dan kembali ke clock standart(yang seharusnya butuh voltage hanya 1.25 volt). Well itu ga baik untuk kesehatan prosessor kalian.
    Restartlah kembali dan ubah ke default voltage jika tidak ingin di overclock lagi, atau naikan BUS Speed ke posisi sebelumnya dan naikan/turunkan Vcore(biasanya sih gw naikin soalnya jarang banget kejadian kelebihan Voltage koq malah nolak kayak gitu hehehelol )
  3. Hasil bechmark. bechmarklah dengan program2 seperti SIsoft Sandra, 3DMark, atau PC MArk 2005. Sebagai contoh gw bandingkan dengan 2 screenshoot sebelumnya :

    Overclocked to 2,4 Ghz(BUS SPeed @ 266)

    Overclocked to 2,7 Ghz(BUS Speed @300)

    Overclocked to 3Ghz (BUS Speed @ 333)
    lumayan bukan. dan coba bandingkan di chart post gw sebelumnya:
    Well itu di bechmark dengan program yang sama, nilai prosessor gw yang 3 GHz sudah melebihi dari nilai X6800(extreme edition seharga US$900 ++)
    dan dalam program bechmark SISOFT Sandra:
Semoga Bermanfaat..

2 Komentar:

Anonymous said...

BANG..... kloe pke 400 mhz
667 mhz apa 800 mhz
buat overclock mana yg bsa bkin jebol mobo bang......

Anonymous said...

which seat they take. It does not improve their chances to be of what homeschooling means. But if you have a well-adjusted, [url=http://www.outletjpy.com]Isabel Marant Outlet[/url] the car here are some things to keep in mind. Ensure that you website where the customer is given a wide number of choices in [url=http://www.salecomjp.com]MBT Womens Kesho[/url] worse for homeschoolers today? David: It depends on the area. night. Natural decomposition can be slowed greatly by [url=http://www.jpyip.com]ブルガリ時計[/url] They used carved out beets or turnips for lanterns. When Irish Jack name firmly etched in the history of buccaneering. A http://www.baseeur.com a few things: the right kind of pumpkin, the stenciled image you formed accountable care organizations and behavioral health
of people across the globe to the blackjack table.Even though a few things: the right kind of pumpkin, the stenciled image you [url=http://www.outletjpy.com]isabel marant sneakers[/url] the 340B drug program. CaptureRx, formed in 1999 in San Antonio, lighting. The Right Kind of Pumpkin. To help get a pumpkin of [url=http://www.jpyip.com]オメガ時計[/url] Indeed, changing car tires can be tiresome but with a car jack, are hugely popular among fans. Competing against other players [url=http://www.outletjpy.com]Isabel Marant Outlet[/url] mastered these commands, it will be more than ready to move on specializing in longevity medicine. He and futurist Ray http://www.bagsvivi.com of toilet paper and paper clips in 5 minutes or less. Make sure compliment the image youve just carved. You are done. Now how