Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Install dan Menampilkan Output IDE Cobol

Pada sesi ini saya mau menerangkan sedikit kepada teman-teman tentang langkah-langkah menginstal Program IDE Cobol serta menghasilkan ouputnya. Karena kemarin ada temen saya mencoba menjalankan program tersebut tetapi tidak bisa menunjukan outputnya alias hanya bisa dituliskan saja surce code nya.

1. Install program IDE Cobol,biasanya masih dalam bentuk .zip

2. Ekstrak semua isi nya Kedalam Localdisk (C:), setelah itu pilih setup.exe
Ikuti langkah-langkah nya'tinggal di Next2 ajah sampe Finish'Jangan Lupa taruh software IDE Cobolnya di direktori C:


3. Setelah selesai di Install, buka folder IDE Cobol di C:

4. Klik gambar Icon IDE Cobol.exe. Kemudian akan Muncul Jendela Cobol seperti dibawah ini :




5. Setelah itu tahap pengerjaan : Saya Ambil Contoh, menggunakan Coding yang sudah saya buat seperti dibawah ini.




6. Perhatikan Tulisan yang saya lingkari diatas, terdapat sebuah perintah bernama Accept. Accept merupakan suatu perintah yang meminta kita untuk memasukan suatu nilai kedalam nya. biasa pada pascal kita kenal dengan readln; nah'dah ngerti kan sekarang tujuan nya. Perintah Accept itu dipakai diakhir listing program sebelum Stop run dengan tujuan setelah program di compile dan run, outputnya tidak menghilang begitu saja.

7.Output program diatas : "jangan lupa sebelumnya dicompile dulu kemudian dirun atau tekan F8 kemudian F9 untuk menghasilkan output seperti dibawah ini. pada saat mengcompile dienter-enter aja sampai layar hitamnya hilang kemudian run


3 Komentar:

Acid said...

Wah, keren juga neh IDECobol...gw pakenya yang keluaran Fujitsu...hehe...

dicoba said...

mkasi coy.. ane nak gundar juga..

Rendy Septian Fadhilla said...

thx..