Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

R Programming untuk Lab Statistika 1

Ketemu lagi disesi selanjutnya. Kali ini saya mau menjelaskan sedikit cara menginstall Program R yang merupakan salah satu software bersifat opensource alias gratis. Khususnya buat temen-temen saya yang belum tau cara menginstall & menggunakan R Program. sebut saja "R" merupakan program yang biasanya digunakan untuk statistika(klo di kampus saya bgt' gk tau dech klo yang lainnya?he3..)

Program gratis ini dapat dijalankan di sistem operasi UNIX, Windows dan MacOS.
Situs bisa di akses di :http://www.r-project.org/
Lihat gambar homepage http://www.r-project.org/ dibawah ini :

Pilih menu CRAN(Download,Package) akan muncul CRAN mirrors seperti dibawah ini:

Pilih Wilayah Australia http://cran.ms.unimelb.edu.au/ maksudnya biar downloadnya lebih deket dari server gt' he3 tapi sebenarnya terserah kalian mau download dari server negara lain jg boleh'paling lemot he4..

Lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini :

Nah, klo sudah muncul seperti gambar diatas. Pilih OS komputer yang kamu pakai, disini saya menggunakan OS Windows(lihat tulisan berwarna ungu)

Kemudian akan tampil gambar seperti dibawah ini :

Nah, coba deh kalian amati tulisan base dan contrib (waktu saya belum tau, saya sempat kecewa dengan Sang Pencipta, karena tidak tau fungsinya apa??padahal orang lain dengan mudah nya tau itu apa'(asumsikan seperti itu..hahahaha) kemudian saya melompat ke kasur dengan laptop saya..dan kemudian tada!!! LCD nya bagian atas secara cuma2 pecah!!!!karena saya tidak bisa menggapai laptop saya untuk ikut ke kasur, tp laptop saya malah melayang menjauh dari saya alias jatuh ke lantai..AArrgggghh!!! disitu saya baru sadar klo saya tidak boleh bersungut-sungut dihadapan Sang Pencipta he3...btw kok malah curhat???!!!
base itu installer mentah dari Program R disini saya pake versi 2.9.2 for windows
contrib itu Packages dari Program R nya. alias source code (library) punya Program R, yang kalian harus ketahui Program R itu adalah KONSOLE saya tulis gede2 biar jelas. jadi untuk menggunakan R commander (sofware yg kita pake u/ praktikum statistika 1) harus dijalankan melalui konsole.'klo yang suka main game pasti ngerti konsole itu apa.
Tentu sebelum nya kita harus menginstall Program R nya dulu. Pilih base, kemudian muncul gambar seperti dibawah ini .
 
Pilih Save, tunggu sampai proses download nya selesai. klo sudah langsung aja klik icon   R-2.9.2-win32.exe


INSTALASI R

Kemudian akan masuk kedalam Konfigurasi Instalasi R :

Selanjutnya akan muncul dialog pembukaan, seperti berikut ini, kita tinggal klik Next lalu akan muncul dialog tentang informasi Copy Right.

Untuk pemilihan direktori sebaiknya ikuti sesuai dengan yang ada pada dialog. misal C:\program Files\R\..
Untuk dokumentasi , jika ruang harddisk anda agak longgar sebaiknya pilih semua dokumentasi terkait. Jika tidak pilih yang penting saja.
Kustomasi atau opsi startup, pilih yes. Dengan pilihan tersebut selanjutnya akan muncul beberapa dialog berikut. Untuk mengatur agar tampilan grafik dan jendela R terpisah, pilih SDI. Untuk dokumentasi help bisa pilih CHM atau HTML. Untuk Startup ikuti pilihan default yang disediakan R.

 
Selanjutnya proses instalasi akan dimulai.

Jika selesai akan muncul dialog terakhir berikut. Klik finish untuk menyelesaikan instalasi R.

MENGAKTIFKAN R 

Untuk memulai R, kita dapat mengklik shortcut yang ada pada desktop.

Nah,sampai sini dah ngerti kan??fiuh..capek nih ngetik..bentar ya nafas dulu...
Oke, Lanjut !
Pada bagian sebelum nya saya sudah menjelaskan cara kerja Program R ini. Jendela yang muncul seperti gambar diatas merupakan Konsole. sedangkan Sofware yang mau kita gunakan khususnya untuk statistika adalah Rcommander /Rcmdr bagai mana cara kita memanggil software tersebut?? yaitu dengan cara memanggil nya/menginstall paket nya lewat menu :
Packages ->Install Packages from Local zip files.
Kemudian Pilih Rcmdr_1.5-2.zip  packages ini bisa didapat di http://cran.ms.unimelb.edu.au/ yang saya sudah jelaskan tadi. kan tadi pilih base untuk install software R nya, nah sekarang install library nya dengan cara klik tulisan contrib. Kemudian akan tampil seperti gambar dibawah ini : 'pilih versi 2.9 sesuai dgn versi yg anda download'

Pilih/klik folder versi 2.9
Cari Packages dengan nama Rcmdr_1.5-2.zip klo mau cepet tekan ctrl+f tulis Rcmdr.nah dapet kan!?
Kemudian save di komputer anda, klo sudah ada package Rcmdr nya. kembali ke step sebelumnya, Buka kembali R Program nya pilih ->Packages ->Install Packages from Local zip files,masukan Rcmdr_1.5-2.zip yang sudah anda save tadi Kemudian OK!. Lalu pada jendela konsole anda akan muncul tulisan seperti dibawah ini:

utils:::menuInstallLocal()
package 'Rcmdr' successfully unpacked and MD5 sums checked
updating HTML package descriptions



Pesan ini menunjukan bahwa anda telah berhasil memasukan data 
Rcmdr_1.5-2.zip tadi dengan benar.
Tahap selanjutnya -> untuk mengaktifkan paket/library yang telah dimasukan/di install, secara umum dilakukan perintah berikut.
>library(nama_paket)
Khusus untuk Rcommander, yang sudah anda masukan. tulis perintah berikut ini:

library(Rcmdr), kemudian Enter!

Akan Muncul Tampilan Rcommander seperti Berikut :

Selesai. Selamat Menikmati!


5 Komentar:

Jule said...

wadooooh!!! pantesan waktu gw install R ada yg gak bener.. huff.. akhirnya ada pencerahan juga.. thx u brader!!

permana said...

waah....udah sesuai dengan deng di atas gan...kok masih ndak bisa....rcmdr iutu gimana gan....

Fendy's Web said...

Rcmdr itu tampilan GUI(General User Interface)pada R jadi lebih gampang dipakenya..dibandingkan harus mengetikan program mentahnya kedalam konsole..

mungkin dicoba lagi gan mengenai petunjuk penginstallan Rcmdr nya seperti diatas..

keep spirit~~

Unknown said...

kalo muncul tulisan ini gmn ya caranya "Error: package ‘car’ required by ‘Rcmdr’ could not be found"

Unknown said...

jadi harus disetting k r commander dlu ya misalnya mau bikin regresi linear? kalau r console ajj ga bsa ya?