Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Pendekatan Terstruktur VS Pendekanan Object

Pertemuan    : Minggu Ke-6
Mata Kuliah  : Pengembangan Sistem Informasi (PSI)
Yupz, baiklah ketemu lagi kita di sesi kali ini.. saya mau sedikit membahas tentang pendekatan pada pengembangan suatu sistem informasi (PSI) yakni : pendekatan secara Terstruktur dan pendekatan secara Object.

1. Pendekatan Terstruktur.

Pendekatan Teknik terstruktur adalah suatu pendekatan formal untuk memecahkan masalah-masalah dalam aktivitas bisnis menjadi bagian-bagian kecil yang dapat diatur dan berhubungan untuk kemudian dapat disatukan kembali menjadi satu kesatuan yang dapat dipergunakan untuk memecahkan suatu masalah.

Dalam hubungannya dengan pengembangan sistem informasi dan software
aplikasi sistem informasi ada beberapa definisi pada pendekatan teknik terstruktur, yaitu :
  • Pemrograman terstruktur adalah proses yang berorientasi kepada teknik yang digunakan untuk merancang dan menulis program secara jelas dan konsisten.  
  • Desain terstruktur adalah salah satu proses yang berorientasi teknik yang digunakan untuk memilah-milah program besar ke dalam hirarki modul-modul yang menghasilkan program komputer yang lebih kecil agar mudah untuk diimplementasikan dan dipelihara (diubah). 
  • Analisis Terstruktur Modern adalah teknik yang berorientasi kepada proses yang paling populer dan banyak digunakan dewasa ini.  
  •  Pemodelan data adalah suatu teknik yang berorientasi kepada data dengan menunjukkan sistem hanya datanya saja terlepas dari bagaimana data tersebut akan diproses atau digunakan untuk menghasilkan informasi.
  • Rekayasa Informasi adalah perpaduan dari pemodelan data dan proses, juga memberikan penekanan baru terhadap pentingnya perencanaan sisteminformasi.

Ciri-ciri utama teknik terstruktur adalah sebagai berikut:
  1. Merancang berdasar modul modularisasi adalah proses yang membagi suatu sistem menjadibeberapa modul yang dapat beroperasi secara independen
  2. Bekerja dengan pendekatan top-down dimulai dari level atas (secara global) kemudian diuraikan sampai ke tingkat modul (rinci)
  3. Dilakukan secara iterasi dengan iterasi akan didapat hasil yang lebih baik, terlalu banyak  iterasi juga akan menurunkan hasilnya dan menunjukkan bahwa tahap sebelumnya tidak dilakukan dengan baik
  4.  Kegiatan dilakukan secara paralel pengembangan subsistem-subsistem dapat dilakukan secara paralel, sehingga akan memperpendek waktu pengembangan sistem
Perbandingan Pendekatan OO dan Terstruktur

Perbedaan yang paling dasar dari pendekatan terstruktur dan pendekatan OO(Object Oriented ) atau berorientasi objek adalah pada metode berorientasi fungsi atau aliran data (Data Flow Diagram (DFD)) (pendekatan terstruktur), dekomposisi permasalahan dilakukan berdasarkan fungsi atau proses secara hirarki, mulai dan konteks sampai proses-proses yang paling kecil, sementara pada metode berorientasi objek. dekomposisi permasalahan dilakukan berdasarkan objek-objek yang ada dalam sistem

0 Komentar: