Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Aplikasi Telematika Menggunakan Wireless

Telematika secara umum dapat digambarkan sebagai Konvergenitas dari teknologi komputer informasi, penyiaran, dan komunikasi mobile.Ilmu yang berkaitan dengan telematika ini banyak diimplementasikan pada perangkat-perangkat yang sering kita gunakan sehari-hari misalnya: TV, Radio, HP, Communicator, Telepon Digital dan Multimedia.

Adapun dampak yang ditimbulkan setelah adanya ke Konvergensian adalah :

1. Berubahnya gaya hidup
- Ketergantungan akan telp bergerak (mobile)
- Internet yg semakin populer
- Penerapan E-Commerce

2. Secara Bisnis 
- Terjadinya Monopili vs Kompetisi 
- Terciptanya Keinginan Membuka Usaha Baru

3. Secara Regulasi 
- Menghasilkan Licensi dan Hukum Cyber
- Perlindungan Terhadap Komsumen (Pelanggan)

Selanjutnya saya akan menjelaskan salah satu contoh aplikasi telematika yang berbasiskan teknologi perangkat wireless (Carries) yaitu : LBS (Location Base Services). Adapun pengertian dari LBS itu sendiri saya mengutip dari situs Wikipedia yang isinya sebagai berikut :

LSB (Location Base Service / Layanan Berbasis Lokasi) adalah sebuah layanan informasi atau hiburan yang dapat diakses dengan perangkat mobile melalu jaringan selular dan memanfaatkan kemampuan untuk memanfaatkan posisi geografis perangkat mobile.  *sumber wikipedia

 LBS termasuk layanan untuk mengidentifikasi lokasi seseorang atau benda, seperti menemukan mesin ATM terdekat atau keberadaan dari teman kita. dari teknologi inilah kemudian banyak bermunculan macam-macam aplikasi berbasis telematika via wiereless (Jaringan Tanpa Kabel). Berikut ini Akan saya jelaskan beberapa teknologi yang berhubungan dengan telematika via wireless yg merupakan turunan dari teknologi LBS. 


1. Munculnya Istilah Teknologi Cell-ID
Cell-ID adalah suatu nomor yang mengidentifikasikan cellular device dalam suatu jaringan broadband. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut :
- Komunikasi terjadi antara device dan tower LBS.
- Bersifat Clone Phones, yakni 2 telephone (hp) saling sharing ID yang sama.

 Tujuan dari Cell-ID ini adalah: Melalui Sinyal Wireless (Carrier) akan merepresentasikan geo-code (lattitude dan longitude) kepada content provider, kemudian ditranslasikan ke map.
*untuk istilah map itu sendiri saya baru dengar jd teman2 bisa mempelajari teknologi map tersebut..hehehe.. ^^


Implementasi : Hanphone (HP)


2. Munculnya istilah Teknologi Location ID
Berikut ini akan dijelaskan satu-persatu mengenai teknologi Location ID yang ada.
- Berbasis Satelit (Satellite Based) : satelit berfungsi menentukan lokasi.
- Berbasis Jaringan (Network Based) : cellular tower yang berfungsi menentukan lokasi.
- Berbasis Jaringan Sentris (Network Centric) : device location dikontrol oleh network, tidak membutuhkan upgrade pada device
- Berbasis Handset Sentris (Handset Centic) : membutuhkan device upgrade untuk menemukan lokasi.


3. Munculnya istilah Teknologi GPS
Teknologi GPS (Global Positioning System) dapat menemukan selular dimanapun dibelahan bumi ini secara tepat dan akurat baik secara lokasi, kecepatan, arah dan waktu. Namun teknologi GPS itu tidak berfungsi maksimal apabila lokasi dari HP yang akan ditemukan berada didalam ruangan. GPS berbasiskan "satellites track position" yang terdiri atas :
- Standar Positioning Service : Keakuratan sejauh 100 meter
- Precise Positioning Service : Keakuratan sejauh 10 meter, awalnya hanya untuk militer
- Random-error signal

Kekurangan GPS:
- Mahal
- Kehilangan kekuatan sinyal melalui jarak jauh

 Selanjutnya, saya akan menjelaskan macam-macam metode teknologi lokasi (location technology) yang digunakan sebagai media pendukung ke 3 teknologi (Cell-ID, Location-ID, GPS) diatas : 


1. Teknologi Cell Of Origin (CoO) -> metode paling primitif saat ini
CoO dibangun berdasarkan penentuan lokasi oleh kita sendiri (lokasi hanya pada towe tertentu) dan teknologi CoO ini tidak dapat menemukan posisi penelepon berbeda jika dibandingkan dengan teknologi GPS tadi.


Karakteristik CoO *lihat gambar dibawah ini :

Figure 1 Ilustrasi Penjelasan metode CoO


2. Teknologi Angle Of Arrival (AoA) 
AoA dibangun untuk menemukan posisi berdasarkan pada sudut yang dibentuk oleh selular dengan 2 atau lebih tower. Teknologi ini menggunakan sinyal gelombang longitude dan latitude. Namun teknologi ini bila dibangun atau dibuat didaerah perkotaan kurang begitu bagus karena banyak bangunan penghalan.
Karakteristik AoA *lihat gambar dibawah ini :


Figure 2 Ilustrasi Penjelasan metode AoA
Berikutnya pertanyaan akan muncul..Bagaimana apabila kita ingin menerapkan teknologi LBS tersebut menggunakan teknologi komunikasi wireless (Wireless Communications) pada perangkat yang lain selain berbasis mobile phones (HP) misalnya Laptop, PC, PDAs ??



nantikan artikel selanjutnya klo saya udah pulang kuliah..hheehe.. ^^












0 Komentar: