Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Tugas Java (Istilah Java)









Istilah OOP dalam bidang programming bukan hal yang baru lagi. Lalu apa sebenarnya OOP itu. OOP atau Object Oriented Program adalah salah satu tehnik pemrograman dengan menciptakan class atau blueprint dari suatu objek. Class disini berfungsi sebagai dasar dari penciptaan object-object lain yang sejenis.
Sebagai contoh terdapat class Binatang. Class binatang sebagai blueprint dari seluruh binatang yang ada dibumi. Pada binatang terdapat atribut-atribut, misal atribut kaki, telinga, mata, ekor, umur, warna dan lainnya. Atribut pada OOP disebut juga sebagai variable. Pada binatang yang hidup dapat melakukan suatu gerak atau aktifitas yang disebut behavior(dalam OOP kita sebut Method).
BUAT TEMEN KELAS GW 3KA01 YANG NYASAR KESINI KUDU, MESTI, WAJIB, HARUS, BILANG "FENDY GANTENG" DI DALAM HATINYA.. HAHAHAAHAHAHA!!..
Class
Class binatang

public class Binatang{
String nama;
int kaki;
String telinga;
String mata;
}
Class Binatang adalah blueprint atau cetakan yang akan menghasilkan objek, dan binatang kucing, sapi, kuda, ayam, burung dan lain-lain adalah contoh objek.
Hasil dari blueprint yang berupa objek seperti kucing misalnya, masih dapat diturunkan menjadi objek-objek turunan. Dalam OOP yang kita kenal dengan inheritance.
Untuk lebih mendalami konsep OOP, perhatikan contoh program berikut ini:
Class Binatang(simpan dengan nama file Binatang.java)
public class Binatang{
//attribute object
String nama;
int kaki;
String telinga;
String mata;
}
Listing program dibawah ini digunakan untuk create, modifikasi, pemanggilan objek(simpan dengan nama MethodBinatang.java)
public class MethodBinatang{
public satic void main(String[] args){
//create object
Binatang kucing = new Binatang();
//init objek kucing
kucing.nama = “Anggora”;
kucing.kaki = 4;
kucing.telinga = “Panjang”;
kucing.mata = “coklat”;
//pencetakan atau pemanggilan atribut dari objek kucing.
System.out.println(“Jenis kucing : “+ kucing.nama”);
System.out.println(“Kaki kucing : “ +kucing.kaki);
System.out.println(“Telinga kucing : “+ kucing.telinga);
System.out.println(“Mata kucing : “+ kucing.mata);
}
}
Hasil dari listing program diatas.
run:
Jenis kucing : Anggora
Kaki kucing : 4
Telinga kucing : Panjang
Mata kucing : coklat
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)

Method
1. Pengertian
Method adalah aktifitas dari sebuah atau lebih objek, dimana aktifitas dari objek juga dapat diturunkan ke objek anaknya. Berbicara tentang method berarti kita bicara tentang kemampuan dari objek dalam melakukan aktifitasnya. Untuk objek yang sama dan dari turunan yang sama dapat memiliki perilaku yang berbeda. Sebagai contoh ada dua ekor anak kucing dengan induk yang sama, tetapi kucing yang lebih tua cenderung lebih friendly dengan manusia(sebagai contoh sikap adaptasi terhadap lingkungan). Bila objek diatas kita tambahkan method bahwa kucing memiliki kemampuan lari, lompat, mencakar dan bunyi. 


2. Penamaan Method
Nama method seharusnya berupa kata kerja atau ungkapan kata kerja. Penulisan method mengacu pada sintaks, dimana huruf pertama untuk setiap kata pertama adalah huruf kecil dan huruf pertama kata selanjutnya adalah huruf besar. Nama method umumnya juga mencerminkan operasi yang dilakukannya. Berikut adalah beberapa contoh : run, runFast, startEngine, getVehicle, setVehicle.


3. Pendefinisian Method
Pendefinisian method untuk mengembalikan nilai (fungsi) :


[modifiers] [type_return] [nama_method] ([parameter1], ..., [parameter N]) {
           [deklarasi-deklarasi dan proses];
           return [nilai_kembalian];
}

Pendefinisian method yang tidak mengembalikan nilai (prosedure) :
     
[modifiers] void [nama_method] ([parameter1], ..., [parameter N]) {
           [deklarasi-deklarasi dan proses];
}

Instance Method
Instance Method merupakan method yang hanya tersedia apabila instance dari suatu class dibuat.
Contoh :







class Vehicle {
    static final boolean RUN = true;
    static final boolean STOP = false;
    ...
    String vehicleName;
    String vehicleColor;
    int numberOfTire;
    boolean engineState;
    static String vehicleMaker;
    ...
    public void startEngine(boolean pEngineState) {
          engineState=pEngineState;
          if(engineState == RUN)
                System.out.println(“The engine is run”);
          else
                System.out.println(“The engine is stop”);
    }
    public boolean engineIsStart() {
          return engineState;
    }
}

Keterangan :
startEngine() merupakan instance method . returntype yang menggunakan keyword voidberarti method tidak mengembalikan suatu nilai.
Sedangkan engineIsStart() merupakan method yang mengembalikan nilai, sehingga harus menggunakan keyword return.

Cara menggunakan instance method harus dengan membuat instance dari class terlebih dahulu.

public static void main( String args[]){
    ...
    Vehicle vehicle1 = new Vehicle();
    vehicle1.startEngine(Vehicle.RUN);
    System.out.println(vehicle1.engineIsStart());
    ...
}
Perhatikan contoh method berikut:
Nama file Binatang.java
//blueprint binatang
public class Binatang{
//attribute object
String nama;
int kaki;
String telinga;
String mata;
//mendefinisikan method
void printDataBinatang(){
System.out.println(“Nama Binatang : “+ nama);
System.out.println(“Jumlah kaki : “+ kaki);
System.out.println(“Bentuk telinga : “+ telinga);
System.out.println(“Warna mata : “+ mata);
}
}
Pemanggilan dan inisialisasi method
Nama file MethodBinatang.java
public class MethodBinatang{
public satic void main(String[] args){
//create object
Binatang kucing = new Binatang();
//init objek kucing
kucing.nama = “Anggora”;
kucing.kaki = 4;
kucing.telinga = “Panjang”;
kucing.mata = “biru”;
//pencetakan dengan memanggil method objek kucing.
printDataBinatang();
}
}
Hasil dari listing program diatas.
run:
Nama Binatang : Anggora
Jumlah kaki : 4
Bentuk telinga : Panjang
Warna mata : coklat
BUILD SUCCESSFUL (total time: 1 second)

Konstruktor
Dalam OOP terdapat istilah konstruktor, destruktor. Konstruktor adalah inisialisasi objek saat diciptakan sebagai persiapan yang diperlukan oleh suatu objek agar berfungsi dengan baik. Syarat suatu function disebut sebagai konstruktor(perancangan).
1.Nama konstruktor harus sama dengan nama class
2.Tidak menspesifikasikan tipe data yang dikirim, sebab konstruktor dapat berupa function tanpa parameter.
Perhatikan contoh konstruktor dari class binatang berikut.
Nama file Binatang.java
public class Binatang{ //blueprint binatang
//attribute object
String nama;
int kaki;
String telinga;
String mata;
//membuat konstruktor tanpa parameter
//biasanya digunakan sebagai init default variable
public Binatang(){
this.nama = “”;
this.kaki = 0;
this.telinga = “”;
this.mata = “”;
}
//konstruktor dengan 1 parameter
//disebut juga konstruktor overloading dan juga sebagai bentuk polymorphism
public Binatang(int param1){
this.kaki = param1;
}
//konstruktor dengan 1 parameter
//disebut juga konstruktor overloading
public Binatang(int param1){
this.kaki = param1;
}
//mendefinisikan method
void printDataBinatang(){
System.out.println(“Nama Binatang : “+ nama);
System.out.println(“Jumlah kaki : “+ kaki);
System.out.println(“Bentuk telinga : “+ telinga);
System.out.println(“Warna mata : “+ mata);
}
//method untukkonstruktor dengan satu parameter
void printDataBinatang(int param1){
System.out.println(“Method dengan satu parameter”);
System.out.println(“Hanya punya kaki : “+ kaki);
}
}
Tambahkan pemanggilan method ke-2, nama file methodBinatang.java
public class MethodBinatang{
public satic void main(String[] args){
//create object
Binatang kucing = new Binatang();
//init objek kucing
int param1;
param1 = 1000;
kucing.nama = “Anggora”;
kucing.kaki = 4;
kucing.telinga = “Panjang”;
kucing.mata = “biru”;
//pencetakan dengan memanggil method objek kucing.
Kucing.printDataBinatang();
//pemanggilan method dengan satu parameter
kucing.printDataBinatang(param1);
}
}
Hasil dari listing program diatas.
run:
Nama Binatang : Anggora
Jumlah kaki : 4
Bentuk telinga : Panjang
Warna mata : coklat
Method dengan satu parameter
Hanya punya kaki : 1000
BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)
Instance Variabel
Instance Variabel merupakan variabel yang dideklarasikan didalan sebuah class tapi diluar dari method. Variabel instance sama halnya dengan variabel class, tetapi tidak menggunakan kata static dalam pendeklarasiannya. Variabel instance terhubung dengan instance dari class. Jadi kita hanya bisa menggunakannya ketika membuat instance dari class. Karena static method tidak terhubung dengan instance dari class, kita tidak bisa menggunakan variabel instance dalam static methode dan memasukannya dalam main method.
BUAT TEMEN KELAS GW 3KA01 YANG NYASAR KESINI KUDU, MESTI, WAJIB, HARUS, BILANG "FENDY GANTENG" DI DALAM HATINYA.. HAHAHAAHAHAHA!!..

Class Variabel / Static Member Variabel
Instance Variabel atau dalam bahasa indonesianya Variabel class adalah variabel yang dapat diakses oleh semua method didalam class, termasuk static method seperti main. Ketika mendeklarasikan variabel class, ada 2 aturan dasar yang harus ditaati yaitu : 


1. Menempatkan deklarasi variabel dalam blok class, tetapi tidak dalam method yang berada dalam class. 


2. Anda harus memasukan kata static dalam pendeklarasian variabel. Kata static ditempatkan sebelum tipe variabel. 


Sebagai ilustrasi silahkan lihat contoh program dibawah ini : (nama file : SayHello.java)


public class SayHello
{
// declare class variable
static String helloMessage = "Hello Programmer";
public static void main(String args[])
{
System.out.println(helloMessage);
System.out.println(myNickNameIs);
}
// declare class variable
static String myNickNameIs = "ghaNOZ2480";
}

Bila melihat contoh program diatas, kita dapat menempatkan pendeklarasian variabel pada awal class atau akhir class, tetapi lebih baik ditempatkan diawal class agar lebih mudah dibaca. 

0 Komentar: