BUAT TEMEN KELAS GW 3KA01 YANG NYASAR KESINI KUDU, MESTI, WAJIB, HARUS, BILANG "FENDY GANTENG" DI DALAM HATINYA.. HAHAHAAHAHAHA!!..
public class Binatang{ String nama; int kaki; String telinga; String mata; } |
Class Binatang(simpan dengan nama file Binatang.java)
public class Binatang{ //attribute object String nama; int kaki; String telinga; String mata; } |
public class MethodBinatang{ public satic void main(String[] args){ //create object Binatang kucing = new Binatang(); //init objek kucing kucing.nama = “Anggora”; kucing.kaki = 4; kucing.telinga = “Panjang”; kucing.mata = “coklat”; //pencetakan atau pemanggilan atribut dari objek kucing. System.out.println(“Jenis kucing : “+ kucing.nama”); System.out.println(“Kaki kucing : “ +kucing.kaki); System.out.println(“Telinga kucing : “+ kucing.telinga); System.out.println(“Mata kucing : “+ kucing.mata); } } |
run: Jenis kucing : Anggora Kaki kucing : 4 Telinga kucing : Panjang Mata kucing : coklat BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds) |
1. Pengertian
Method adalah aktifitas dari sebuah atau lebih objek, dimana aktifitas dari objek juga dapat diturunkan ke objek anaknya. Berbicara tentang method berarti kita bicara tentang kemampuan dari objek dalam melakukan aktifitasnya. Untuk objek yang sama dan dari turunan yang sama dapat memiliki perilaku yang berbeda. Sebagai contoh ada dua ekor anak kucing dengan induk yang sama, tetapi kucing yang lebih tua cenderung lebih friendly dengan manusia(sebagai contoh sikap adaptasi terhadap lingkungan). Bila objek diatas kita tambahkan method bahwa kucing memiliki kemampuan lari, lompat, mencakar dan bunyi.
2. Penamaan Method
Nama method seharusnya berupa kata kerja atau ungkapan kata kerja. Penulisan method mengacu pada sintaks, dimana huruf pertama untuk setiap kata pertama adalah huruf kecil dan huruf pertama kata selanjutnya adalah huruf besar. Nama method umumnya juga mencerminkan operasi yang dilakukannya. Berikut adalah beberapa contoh : run, runFast, startEngine, getVehicle, setVehicle.
3. Pendefinisian Method
Pendefinisian method untuk mengembalikan nilai (fungsi) :
Keterangan : startEngine() merupakan instance method . returntype yang menggunakan keyword voidberarti method tidak mengembalikan suatu nilai. Sedangkan engineIsStart() merupakan method yang mengembalikan nilai, sehingga harus menggunakan keyword return. |
Nama file Binatang.java
//blueprint binatang public class Binatang{ //attribute object String nama; int kaki; String telinga; String mata; //mendefinisikan method void printDataBinatang(){ System.out.println(“Nama Binatang : “+ nama); System.out.println(“Jumlah kaki : “+ kaki); System.out.println(“Bentuk telinga : “+ telinga); System.out.println(“Warna mata : “+ mata); } } |
Nama file MethodBinatang.java
public class MethodBinatang{ public satic void main(String[] args){ //create object Binatang kucing = new Binatang(); //init objek kucing kucing.nama = “Anggora”; kucing.kaki = 4; kucing.telinga = “Panjang”; kucing.mata = “biru”; //pencetakan dengan memanggil method objek kucing. printDataBinatang(); } } |
run: Nama Binatang : Anggora Jumlah kaki : 4 Bentuk telinga : Panjang Warna mata : coklat BUILD SUCCESSFUL (total time: 1 second) |
Dalam OOP terdapat istilah konstruktor, destruktor. Konstruktor adalah inisialisasi objek saat diciptakan sebagai persiapan yang diperlukan oleh suatu objek agar berfungsi dengan baik. Syarat suatu function disebut sebagai konstruktor(perancangan).
2.Tidak menspesifikasikan tipe data yang dikirim, sebab konstruktor dapat berupa function tanpa parameter.
Nama file Binatang.java
public class Binatang{ //blueprint binatang //attribute object String nama; int kaki; String telinga; String mata; //membuat konstruktor tanpa parameter //biasanya digunakan sebagai init default variable public Binatang(){ this.nama = “”; this.kaki = 0; this.telinga = “”; this.mata = “”; } //konstruktor dengan 1 parameter //disebut juga konstruktor overloading dan juga sebagai bentuk polymorphism public Binatang(int param1){ this.kaki = param1; } //konstruktor dengan 1 parameter //disebut juga konstruktor overloading public Binatang(int param1){ this.kaki = param1; } //mendefinisikan method void printDataBinatang(){ System.out.println(“Nama Binatang : “+ nama); System.out.println(“Jumlah kaki : “+ kaki); System.out.println(“Bentuk telinga : “+ telinga); System.out.println(“Warna mata : “+ mata); } //method untukkonstruktor dengan satu parameter void printDataBinatang(int param1){ System.out.println(“Method dengan satu parameter”); System.out.println(“Hanya punya kaki : “+ kaki); } } |
public class MethodBinatang{ public satic void main(String[] args){ //create object Binatang kucing = new Binatang(); //init objek kucing int param1; param1 = 1000; kucing.nama = “Anggora”; kucing.kaki = 4; kucing.telinga = “Panjang”; kucing.mata = “biru”; //pencetakan dengan memanggil method objek kucing. Kucing.printDataBinatang(); //pemanggilan method dengan satu parameter kucing.printDataBinatang(param1); } } |
run: Nama Binatang : Anggora Jumlah kaki : 4 Bentuk telinga : Panjang Warna mata : coklat Method dengan satu parameter Hanya punya kaki : 1000 BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds) |
Instance Variabel merupakan variabel yang dideklarasikan didalan sebuah class tapi diluar dari method. Variabel instance sama halnya dengan variabel class, tetapi tidak menggunakan kata static dalam pendeklarasiannya. Variabel instance terhubung dengan instance dari class. Jadi kita hanya bisa menggunakannya ketika membuat instance dari class. Karena static method tidak terhubung dengan instance dari class, kita tidak bisa menggunakan variabel instance dalam static methode dan memasukannya dalam main method.
BUAT TEMEN KELAS GW 3KA01 YANG NYASAR KESINI KUDU, MESTI, WAJIB, HARUS, BILANG "FENDY GANTENG" DI DALAM HATINYA.. HAHAHAAHAHAHA!!..
1. Menempatkan deklarasi variabel dalam blok class, tetapi tidak dalam method yang berada dalam class.
2. Anda harus memasukan kata static dalam pendeklarasian variabel. Kata static ditempatkan sebelum tipe variabel.
Sebagai ilustrasi silahkan lihat contoh program dibawah ini : (nama file : SayHello.java)
public class SayHello
{
// declare class variable
static String helloMessage = "Hello Programmer";
public static void main(String args[])
{
System.out.println(helloMessage);
System.out.println(myNickNameIs);
}
// declare class variable
static String myNickNameIs = "ghaNOZ2480";
}
Bila melihat contoh program diatas, kita dapat menempatkan pendeklarasian variabel pada awal class atau akhir class, tetapi lebih baik ditempatkan diawal class agar lebih mudah dibaca.
0 Komentar:
Post a Comment