Stream
Stream adalah representasi abstrak dari input dan output device dimana aliran data bytes akan ditransfer seperti file dalam harddisk, file pada system remote atau printer. Kita dapat membaca data dari input stream, yang dapat berupa file,keyboard, atau computer remote. Sedangkan untuk operasi penulisan berarti kita menulis data pada output stream.
Package java.io mendukung dua tipe stream, yaitu binary dan karakter stream. Binari merupakan data berupa bit atau data binary, sedangkan karakter adalah tipe khusus untuk pembacaan dan penulisan teks/karakter.
Kemampuan untuk memproses output dalam Java dakam bentuk byte atau bytestream diwakili oleh class abstrak OutputStream sedangkan input diwakili class InputStream. Apabila kita memproses data karakter(karakter Unicode) atau disebut character stream seperti string atau bilangan maka Java menyediakan class abstrak Reader dan Writer.
-
Konfigurasi Modem ADSL Sendiri
Anda dapat melakukannya tanpa membutuhkan bantuan tenaga teknisi...
-
R Programming
Program R yang merupakan salah satu software bersifat opensource alias gratis...
-
Panduan Installasi IDE Borland C++
Pemogramman C++ yang memudahkan kita dalam pembuatan aplikasi...
-
BPR
Business Process Reengineering ( BPR )
-
DBASE
Pemogramman DBASE
-
Panduan Installasi IDE Cobol
Panduan Installasi IDE Cobol
-
Panduan Installasi Joomla
Joomla merupakan salah satu CMS yang saat ini banyak digunakan untuk kepentingan e-commers dll...
-
SothinkSWF
Aplikasi multifungsi membantu dalam pembuatan web/flash, dll
-
Dasar Melakukan Overclocking
Penjelasang mengenai bagaimana melakukan overclocking
-
Aplikasi Desktop Mini Tools Gunadarma
Kali ini saya akan men-demo kan project yang dah pernah saya buat untuk ambil bagian dalam lomba USB ke 4 di kampus saya
STREAM DAN OOP
InputStream
Subclass-subclass dari InputStream adalah :
AudioInputStream,ByteArrayInputStream, FileInputStream, FilterInputStream, PipedInputStream, SequenceInputStream, dan StringBufferInputStream.
Dua method utama dari Input Stream adalah :
read() : digunakan untuk membaca stream
close() : digunakan untuk menutup koneksi input stream
OutputStream
Subclass-subclass dari OutputStream adalah :
ByteArrayOutputStream : untuk menuliskan stream menjadi byte array
FileOutputStream : digunakan untuk menulis pada file
FilterOutputStream : merupakan superclass dari subclass-subclass seperti DataOutputStream,
BufferOutputStream, PrintStream, CheckedOutputStream.
ObjectOutputStream : digunakan untuk menuliskan objek pada OutputStream
PipedOutputStream : digunakan untuk menjadi output PipedOutputStream Sebagian method-method
OutputStream adalah :
void close() : Menutup output stream yang aktif dan melepaskan sumber daya terkait dengan stream
tersebut
void flush() : Melakukan flush output stream dan memaksa semua byte buffer untuk
dituliskan keluar
void write(byte[] b) : menulis sebanyak b.length dari byte array ke output stream
void write(byte [] b, int off, int len) : Menuliskan sebanyak len byte dari byte array b dimulai dari index offf
DataOutputStream
DataOutputStream merupakan class yang menyediakan cara praktis untuk menuliskan tipe data primitive ke output stream, sedangkan DataInputStream berfungsi untuk membaca hasil penulisan DataOutputStream atau mendapatkan data kembali.
Sebagian method DataOutputStream :
writeDouble : menuliskan data bertipe double ke output stream
writeInt : menuliskan data Integer ke output stream
writeBoolean : menuliskan data Boolean ke output stream
writeUTF : menuliskan data string menggunakan encoding UTF-8 yang tidak tergantung pada mesin
DataInputStream
DataInputStream berfungsi untuk saling melengkapi dengan DataOutputStream, yaitu untuk mendapatkan data yang ditulis dengan DataOutputStream.
Tipe data primitive yang ditulis oleh DataOutputStream didapatkan kembali dengan DataInputStream dengan tidak bergantung pada mesin computer.
Sebagian method DataInputStrean :
readDouble()
readInt()
readBoolean()
readUTF()
BufferedInputStream dan BufferedOutputStream
BufferedInputStream maupun BufferedOutputStream menyediakan fungsi buffer dalam proses output dan input untuk mempercepat dan mengefisienkan proses
Kedua class ini biasanya digunakan secara bersamaan dengan implementasi class output dan input stream lain seperti DataOutputStream, DataInputStream, FIleOutputStream dan FileInputStream atau yang lain. Kedua class ini menjadi semacam penengah yang menyediakan proses buffering
FileInputStream dan FIleOutputStream
Seringkali proses input dan output yang kita lakukan menggunakan file sebagai sarana penulisan maupun pembacaan data.
Oleh karena itu kita akan membahas class FileInputStream untuk membaca data dari file dan FIleOutputStream untuk menuliskan data ke file.
Class FileInputStream merupakan turunan langsung dari class InputStream sedangkan FileOutputStream merupakan turunan langsung dari class OutputStream.
Contoh dibawah akan mencoba mendeskripsikan sample penggunaan class DataOutputStream, DataInputStream, FileOutputStream, FileOutputStream, serta BufferedInputStream dan BufferedOutputStream.
//Nama File cobaDataStream.java
import java.io.*;
public class cobaDataStream{
public static void main(String args[])
{
try {
DataOutputStream out2 =
new DataOutputStream(
new BufferedOutputStream(
new FileOutputStream("Data.txt")));
out2.writeDouble(3.14159);
out2.writeDouble(1.41413);
out2.writeInt(2002);
out2.writeInt(1003);
out2.writeBoolean(true);
out2.writeBoolean(false);
out2.close();
}
catch(IOException ioe)
{
ioe.printStackTrace();
}
try
{
DataInputStream in5 =
new DataInputStream(
new BufferedInputStream(
new FileInputStream("Data.txt")));
System.out.println(in5.readDouble());
System.out.println(in5.readDouble());
System.out.println(in5.readInt());
System.out.println(in5.readInt());
boolean status = in5.readBoolean();
boolean status1 = in5.readBoolean();
System.out.println(status);
System.out.println(status1);
} catch(EOFException e) {
System.err.println("End of stream");
}
catch(IOException io)
{
io.printStackTrace();
}
}
}
Karakteristik OOP
1. Enkapsulasi(Pembungkusan)
Enkapsulasi adalah pelindung program dan data yang sedang diolah. Enkapsulasi mendefinisikan perilaku dan melindungi program dan data agar tidak diakses secara sembarangan oleh program lain.
Dalam Java, dasar enkapsulasi adalah class. Anda membuat suatu class yang menyatakan bahwa variable atau method sebuah class tidak dapat diakses oleh class lain dengan menjadikan class tersebut private, atau menjadikan class tersebut protected - yaitu hanya bisa diakses oleh turunannya, atau menjadikan class tersebut public - yaitu bisa diakses oleh sembarang class.
2. Inheritansi
Objek-objek yang berada di sekitar kita adalah objek-objek yang saling terhubung secara hirarkis. Misalnya :
0 Komentar:
Post a Comment