Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Cara Kerja Input Kalender [JCalendar] Netbeans

Melanjutkan sesi sebelumnya, kali ini saya ingin mendemokan hasil dari palette yang telah kita masukan kedalam Netbeans yang salah satu contoh palette yang ada yaitu jCalendar. Kemudian jCalendar ini akan digunakan dalam pembuatan suatu aplikasi, nah disini saya membuat contoh yang simple dulu dengan coding hanya 1 baris. Selamat mengikuti

Dizaman sekarang ini kita tidak pernah terlepas dari yang namanya calendar, pernah teman-teman sedikit berfikir bagaimana sih caranya menampilkan suatu kalender pada aplikasi agar terlihat dinamis, maksudnya kita mengatur tangal, kemudian muncul kedalam suatu tampilan yg menunjukan informasi baik dalam bentuk note/ apalah ke orang-orang yang melihat nya. Kali ini saya menggunakan Netbeans untuk membuat suatu aplikasi calendar sangat sederhana, jadi setelah kita pilih tgl/bln dan tahun pada calendar nya hasil nya akan muncul pada textfield setelah kita submit.


Hal yang harus anda lakukan hanya tinggal mengikuti langkah-langkah petunjuk berikut ini :

Step 1 : Buka Netbeans, Pilih File -> New Project…akan muncul jendela “New Project”  pada bagian Categories pilih Java -> Pada project pilih “Java Application” (lihat gambar 1.1)


Kemudian akan muncul jendela “New Java Application” , pada bagian Project Name : (*isi sesuai keinginan anda) kemudian -> Finish




Step 2 : Pada Jendela Project “JavaApplication_calender”, klik Source Packages  -> javaapplication_calender. Didalam nya akan ada file bernama Main.java. Kemudian kita akan menambahkan file JFrame caranya, klik kanan pada packages javaapplication_calendar ->New -> JFrame Form (lihat gambar 1.2)


Selanjutnya akan muncul jendela “New JFrame Form”. Pada Class Name : (*isi : JFrame) kemudian -> Finish

Buat Design pada JFrame anda dengan component-component(Inspector) yg ada dibawah ini :


Bentuk Design secara keseluruhan :


Step 3 : double klik tombol(JButton) Submit. Tambahkan program dibawah ini :


lakukan juga hal yg sama untuk tombol Keluar. Tambahkan program dibawah ini :


Step 4 : Setelah itu, coba anda jalankan pilih Run -> Run File (Shift+F6), lakukan pemilihan tanggal sesuai keiinginan anda. Setelah itu Submit. Maka hasilnya akan muncul pada textfield1. Sedangkan untuk keluar dari aplikasi silahkan anda klik Keluar.

Selesai.



0 Komentar: