Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Langkah Dasar Dalam Membuat Virus!

Pendahuluan.
Dalam sesi ini saya ingin membuat sebuah tutorial yang kiranya berguna buat temen-temen sekalian yang hobi membuat virus sederhana seperti saya, awal nya saya kenal virus komputer kelas 3 sd, saat itu saya belajar komputer di sekolah, masih teringat di benak saya sewaktu saya menyimpan tugas microsoft word saya dirumah, dan saat saya ingin membuka data itu di sekolah saya dulu tiba-tiba yang terlihat hanya sebuah gambar icon kotak berisikan tulisan batch file. Saat itu saya keki sekali karena data yang sudah saya simpan dalam sekejap sudah hilang dimusnahkan virus. Sejak itulah saya merasakan betapa pentingnya mempelajari virus komputer guna membantu teman-teman saya apabila suatu saat merasakan hal yang dulu saya rasakan.hix3 Now, langsung aja sekarang tampa basa-basi lag I kita mulai “Membuat Virus Sederhana”. 
 
Definisi Virus
Virus adalah suatu program yang sifat nya menggangu dan cenderung merusak kinerja sistem atau file-file tertentu yang merupakan sasaran utama mereka. Dengan melakukan penyamaran-penyamaran khusus, mereka berusaha untuk mengelabui kita, sehingga pada saat nya nanti mereka akan melancarkan serangan-serangan ke komputer kita secara seporadis!!(hahaha).

Langkah Utama yang Harus Kalian pikirkan dalam membuat virus(syarat agar program kalian bisa dibilang virus) adalah: 

1.MEMIKIRKAN TARGET YANG AKAN KALIAN SERANG! he.. maksudnya adalah:
a. Mampu menggandakan diri hingga ke removable disk
b. Harus bisa menyembunyikan proses kerja nya
c. Bisa memanipulasi file atau folder
d. Mampu memanipulasi registry

  “sejauh ini yang saya bisa sih 4 he3..tp masih banyak lagi klo kalian bisa mengembangkan sendiri.”

*Secara umum aktivitas serangan virus dimulai karena “Kecerobohan” user, yakni ketika user men-double click suatu file yang sudah terinfeksi virus. Biasanya ber ekstensi *bat. *exe. *scr *com *vbs

Pemanasan Dulu! Hahaha....
Sebelum kalian membuat virus, kalian harus tau dasar-dasar nya dulu dong' salah satu nya adalah Mempelajari Command Promt, karena Cmd ini berkaitan sekali dengan pembahasan dan pembuatan virus berikutnya.

Command Prompt atau biasa disebut sebagai DOS-nya Windows, merupakan suatu aplikasi under windows yang memiliki karakteristik mirip dengan DOS(Disk Operating System). Cmd juga terdiri 2 jenis perintah, yaitu perintah Internal dan Eksternal.

Perintah internal adalah perintah yang dapat dieksekusi atau dijalankan secara langsung dari dalam DOS atau command prompt tanpa adanya program tambahan. Sedangkan perintah eksternal adalah suatu perintah yang membutuhkan program tambahan untuk bisa menjalankannya, seperti attrib.exe.com, dan lain sebagainya.

Membuka Jendela Command Prompt

Untuk membuka jendela Command Prompt, caranya sebagai berikut :
1.Klik menu Start →RUN
2.Setelah muncul kotak dialog Run, ketikan cmd pada kotak RUN. (atau tekan windows+R)

3. Klik OK.

Menggunakan Perintah-perintah Dasar Command Prompt.

Berpindah Ke Drive Lain.
Dari dalam command prompt, kalian bisa berpindah dari suatu drive ke drive yang lain nya dengan cepat. Yaitu dengan cara :

1.Pada jendela Cmd, ketikkan nama drive anda kemudian diikuti dengan tanda titik (:), misalkan kalo kalian mau ke drive D, kalian tinggal ketikan pada cmd dengan perintah D: (oh iya cmd=Command Prompt, saya sengaja singkat biar cepet), kemudian enter maka gambarnya akan seperti berikut.


Menampilkan Isi Drive/Direktori
Untuk menampilkan isi dari suatu drive atau direktori(folder), anda dapat menggunakan perintah DIR. Caranya adalah sebagai berikut:

1.buka kembali cmd kalian, ketikan DIR(terserah huruf besar/kecil sama aja, dan mau di ketik di drive mana aja juga boleh), kemudian enter

Berpindah ke Direktori Lain
Untuk berpindah ke direktori lain, kalian bisa menggunakan perintah CD atau call directori.

1.Memanggil Sub Direktori
Apabila kalian ingin memanggil sub direktori dari direktori yang masih aktif saat ini,(mis : folder A didalam folder B) caranya adalah sebagai berikut:

 Misalkan kita ingin membuka direktori di drive C: , ketikkan perintah CD spasi nama_direktori(folder) yang akan dibuka. Kemudian enter.


Berpindah Ke Direktori Sebelumnya
Jika kalian ingin berpindah ke direktori sebelumnya, kalian bisa menggunakan perintah

CD..(untuk kembali satu level ke direktori sebelumnya, atau dengan perintah)
CD\ (untuk kembali ke direktori root/teratas)), kemudian enter.

Kembali satu level ke direktori sebelumnya

Memanggil Direktori lain secara langsung 
Untuk memanggil direktori secara langsung, Kalian dapat menggunakan perintah 

CD spasi path_direktori yang akan dipanggil 

Misalkan kalian berada di direktori Documents and Settings, kemudian kalian akan memanggil sub direktori My Locker yang terletak dua level didalam nya, maka kalian hanya perlu mengetik perintah :

CD My Documents\My Locker, kemudian enter

Dengan menggunakan cara ini, kalian juga bisa lebih mudah mengakses direktori-direktori lain dalam satu drive!, walaupun berbeda direktori utama. Misalnya, kalian akan berpindah dari dalam direktori utama My Documents\My Locker ke direktori utama WINDOWS\system . Maka perintah yang perlu kalian ketikkan adalah : 
  CD C:\WINDOWS\system

ket : “C:” menunjukan drive dari direktori-direktori tersebut.

Membuat Direktori Baru 
Untuk membuat direktori baru, kalian dapat menggunakan perintah MD pada Cmd kalian, cara nya sebagai berikut : 

1.Ketikan MD spasi nama_direktori pada direktori aktif anda saat ini.
Mis : MD iseng-iseng, kemudian enter

Ket : Dengan demikian, direktori baru bernama “iseng-iseng” telah terbentuk, gunakanlah perintah DIR untuk melihat apakah direktori baru tersebut telah terbentuk atau belum. 

kalo masih kurang yakin, buka windows explore anda (pada tutorial saya disini menggunakan drive C:\Document and Setting), buka drive c: anda buka folder document and setting lihat apakah ada folder baru yang bernama iseng-iseng ? Hehe...

Menampilkan Direktori Tree
Dengan menggunakan perintah Tree pada cmd, kalian akan dapat melihat susunan direktori beserta sub-subnya secara lengkap, seperti pada windows explore. Caranya adalah sebagai berikut :
1.Pada cmd di direktori yang aktif, ketik Tree

Menghapus Direktori 
Untuk menghapus suatu direktori, caranya adalah sebagi berikut : 
1.Pastikan direktori yang akan kalian hapus adalah direktori yang tidak memiliki isi atau kosong.
2.Ketikan perintah RD\ spasi nama_direktori
3.Misalnya :
rd iseng-iseng
4.kemudian enter.
5.Gunakan perintah DIR untuk mengecek apakah direktori iseng-iseng sudah terhapus/belum.

Cara diatas dapat kalian gunakan ketika direktori yang akan kalian hapus tersebut tidak memiliki isi alias kosong. Apabila anda menggunakan perintah tersebut pada direktori yang memiliki isi, maka akan muncul pesan “The directory is not empty”

 hmm..gimana solusinya biar foldernya bisa dihapus yaitu dengan menambahkan perintah /s tepatnya setelah perintah RD\ dan sebelum penulisan nama direktori. Contoh penggunaan perintah lengkapnya adalah sebagai berikut: 

rd\ /s D:\folder_yang ingin_dihapus

Membersihkan Layar
Untuk membersihkan layar, kalian dapat menggunakan perintah CLS. Caranya sebagai berikut:

1.Pada Jendela command prompt, ketikan CLS
2.kemudian Enter

0 Komentar: