Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Mari Menciptakan Alat Bersama Fendy! he3

1. Alat Pengontrol Acara dan Volume TV dari Komputer secara Wireless.

Selama ini mungkin kita tahu bahwa beberapa kantor pemerintah maupun swasta telah dilengkapi dengan Televisi ( TV ). Umumnya satu ruangan besar dilengkapi hanya dengan sebuah televise yang dapat ditonton beramai-ramai.

Untuk mengganti acara maupun volume pada TV tersebut tentu dengan mudah dilakukan dengan menggunakan Remote Control televisi yang bersangkutan. Dalam prakteknya ada beberapa karyawan yang senang menonton TV ataupun senang mendengarkan siaran TV tersebut dengan volume yang relatif keras, sehingga mengganggu karyawan yanglain.

Oleh karena itu apabila ada karyawan yang menyetel televise relatif terlalu keras, maka supervisor dapat segera merubah volume tersebut untuk dikecilkan. Sang supervisor tersebut tidak perlu beranjak dari tempat duduk untuk mengambil remote control. Dia cukup menjalankan program dari komputernya dan zap….volume pada televise dapat diperkecil tanpa diketahui oleh seorangpun.

Cara Kerja Alat

Cara kerja alat ini didisain sebagai berikut.


 Pada komputer akan menjalankan program yang dibuat dengan program Delphi. Program ini memungkinkan kita untuk mengatur Program (Acara) dan Volume di TV . Adapun tombol yang tersedia adalah Acara + dan Acara – dan Volume + dan Volume -.

 Alat interface diletakkan berdekatan dengan computer. Hubungan dengan computer menggunakan parallel port. Interface ini didalamnya terdapat modul wireless Tx ( Pemancar ) yang diambil dari mainan anak-anak berupa mobil remote.

 Pada alat penerima terdapat modul wireless ( Rx = Receiver ) yang akan menerima data tombol yang ditekan pada computer. Didalam alat ini juga terdapat PCB remote TV. Hal ini dimaksudkan agar rancangan alat tidak terlalu rumit.



 Pemasangan alat pemancar ( Tx ) dengan Penerima ( Rx ) tidak harus “lurus” ( line of sight ). Hal ini karena menggunakan wireless. Namun Posisi Penerima ( Rx ) dengan TV harus lurus, yaitu untuk meluruskan sinar Infra Red ke Penerima Infra Red pada TV.


 Kebutuhan Alat :

1. Sistim mikrokontroler PIC16F84 ( DT-Proto18pin ) 1 ea Rp.120.000,-
2. Sistim wireless pada mobil remote anak 1 set Rp. 75.000,-
3. Box Penerima dan Pemancar 2ea Rp. 100.000,-
4. Rangkaian Interface LPT Port 1 set Rp. 50.000,-
5. Lain-lain ( Baterai , PCB lubang dll ) Rp. 50.000,-
6. Ongkos pembelian part Rp.50.000,-  


Tampilan Program di TV

2. ALAT PENGETEST KABEL UTP 


 Saat ini kebutuhan akan jaringan komputer di rasakan sangat meningkat. Dengan adanya LAN ( Local Area Network ) akan meningkatkan kinerja karyawan dan mengurangi beban biaya pada suatu perusahaan. Dengan adanya LAN maka antar karyawan dapat saling tukar-menukar file kerja ( melalui IPMessenger ) dengan sangat cepat dan effisien. Disamping itu juga dapat menggunakan internet secara bersama-sama. 
 Oleh karena itu banyak toko-toko komputer yang kini menjual kabel-kabel UTP siap pakai yang dipakai untuk membuat suatu jaringan computer. 
Untuk membuat kabel jarigan tersebut dilakukan dengan cara menghubungkan kabel UTP dengan konektor RJ-45. Cara memasang konektor RJ-45 adalah dengan menggunakan tang khusus. Bagi yang belum berpengalaman, maka kemungkinan kabel jaringan akan mengalami masalah ( misalnya ada yang “open” ).

 Oleh karena itu alat ini dibuat. Alat ini dimaksudkan untuk mengetes kabel jaringan ( UTP ) pada saat pembuatan ( oleh toko komputer ). Cara kerja nya adalah sebagai berikut. Misalnya toko komputer tersebut menjual kabel jaringan dengan panjang 5 meter dan 10 meter. Maka setelah memasang konektor RJ-45 sebannyak 2 buah untuk masing-masing ujung kabel, kabel jaringan tersebut dapat segera di test.

 Konektor RJ-45 yang satu dimasukkan kedalam soket 1 sedangkan konektor RJ-45 pada ujung lainnya dimasukkan kedalam soket 2. Setelah itu tekan tombol sesuai dengan jenis kabel yang di test.

 Jenis kabel yang dapat di test meliputi :
a. Jenis Straight
b. Jenis Rool Over
c. Jenis cross


Alat ini dilengkapi dengan LCD yang akan menampilkan tulisan hasil pengecekan kabel jaringan tersebut. 

 Kebutuhan Alat :

1. Sistim mikrokontroler PIC16F84 ( DT-Proto18pin ) 1 ea Rp.120.000,-
2. Liquid Crystal Display ( LCD 2 baris ) 1 ea Rp. 60.000,-
3. Box Alat ( Import Taiwan ) 1 ea Rp. 100.000,-
4. Komponen lain ( Trafo, Tombol dll ) Rp. 50.000,-  
5. Konektor RJ-45 dan kabel UTP 3 set Rp.100.000,-  


1. Nyalakan alat
2. Pasang RJ-45 ke soket1 dan soket2
3. Tekan tombol sesuai dengan Jenis Kabel UTP ( Straight, Roll Over, Cross )
4. Baca Informasi pada LCD






0 Komentar: