Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Praktikum Pascal Lab Sistem Informasi

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM 2
No.1


Logika : 
1. I dideklarasikan dengan tipe data integer
2. Dengan menggunakan fungsi counter I:=0 yang dipakai untuk mengulang program sebanyak 5 kali
3. Setelah perulangan sudah lebih dari 6 kali maka perulangan berhenti.
4. Menggunakan statement writeln, hasil akan di tunjukan pada ouput setelah di run.



No.2



Logika : 


1. I dideklarasikan menggunakan tipe data integer

2. Menggunakan fungsi counter dan akumulator yang menampung nilai perulangannya.
3. Tipe perulangan yang dipakai pada program diatas adalah REPEAT-UNTIL, dimana perulangan akan terus berlangsung selama bernilai True, jika bernilai false maka perulangan akan berakhir.
4. Kemudian I dicetak menggunakan statement write 

No.3



Logika : 
1. I, j, m, b di deklarasikan tipe data integer
2. Dengan menggunakan statement write maka ‘Masukan Angka’ akan ditampilkan pada output setelah di run diikuti dengan statement readln.
3. Perulangan yang digunakan pada program diatas menggunakan FOR-DO
4. Program diatas menggunakan 2 perulangan yang merupakan perulangan tipe NESTED-LOOP yaitu perulangan yg berlangsung dalam perulangan lagi.for n dan for j
5. Mis dimasukan angka 6, maka perulangan akan berlangsung dari 1 sampai 6
6. Perulangan selanjutnya dilakukan untuk for j, fungsinya disini disisipkan statementnya write sehingga perulangan yg terjadi dicetak untuk for j.


No.4






Logika : 
1. I dideklarasikan dengan tipe data integer
2. Dengan menggunakan fungsi counter I:=0 yang dipakai untuk mengulang program sebanyak 5 kali
3. Setelah perulangan sudah lebih dari 6 kali maka perulangan berhenti.
4. Menggunakan statement writeln, hasil akan di tunjukan pada ouput setelah di run.



LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM 3

No.1

Output : 


Logika : 
1. Menggunakan variabel x dengan tipe data real, juga tipe data y yaitu string.

2. Jika x > 60 maka akan memproses y dengan nilai ‘lulus’, sebaliknya jika x<60>
No.2

Output:





Logika : 
1. Dengan menggunakan variable pakaian tipe data char
2. Menampilkan Menu utama yang akan dipilih oleh user,kemudian memilih pilihan yang ada menggunakan SELECT CASE-OF.
3. Jika dipilih angka1, maka yang muncul adalah Statement Case1, demikian seterusnya.



LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM 4




LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM 5



Logika Program :
Program diatas jika kita masukan jumlah mahasiswa, kemudian di enter, selanjutnya kita diminta untuk memasukan NPM Mahasiswa, Nama Mahasiswa, IP Mahasiswa. Kemudian hasilnya akan muncul dalam bentuk table seperti gambar dibawah ini.

Langkah pertama dalam pembuatan output seperti gambar diatas adalah dengan mengetikan syntax seperti gambar dibawah ini.

Ket : type dan end; merupakan prosedur pada pascal yang didalamnya terdiri atas 1 blok program yang akan kita buat sendiri variabel dan tipe data nya. datamhs menggunakan fungsi record yang didalamnya terdiri atas beberapa variable yang diisi dengan tipe data berbeda-beda, yaitu nomor tipe datanya integer(bilangan bulat) diakhiri setiap program dengan titik koma(;), demikian dengan nama tipe datanya string(karakter), ip tipe datanya byte(Pecahan/decimal).



Ket : var merupakan prosedur pada pascal untuk mendeklarasikan variable yang ingin kita pakai dalam program. Dapat diperhatikan bahwa variable jumlah,I,j dideklarasikan dengan tipe data byte diakhiri dengan titik koma(;), sedikit berbeda dengan variable-variabel sebelumnya, variable mahasiswa dideklarasikan dalam bentuk Array [1..50] yang artinya didalam variable mahasiswa terdapat 1 sampai 50 array yang disediakan untuk menampung suatu nilai. Dimana dalam array tersebut memiliki tipe data datamhs yang sudah dideklarasikan sebelumnya, yang didalamnya terdiri atas beberapa variable yg dideklarasikan berdasarkan tipe datanya masing-masing. Yaitu nomor:integer; nama:string; ip:byte; 

Ket : begin merupakan tipe prosedur pada pascal guna menjalankan proses program selanjutnya(begin), hal ini merupakan syarat mutlak yang harus ditulis sebelum kita membuat program dalam pascal. Diikuti dengan perintah clrscr; yang artinya adalah Clear screen / membersihkan layar setiap program selanjutnya ingin dijalankan, sehingga program sebelumnya yang sudah kita jalankan terhapus, dan yang muncul adalah program yang baru kita jalankan. Proses pembacaan program selanjutnya adalah dengan mencetak tulisan ‘MASUKAN JUMLAH MAHASISWA’ diakhiri posisi kursor yang tetap di baris tersebut, diikuti dengan perintah readln(jumlah); yang artinya memberikan nilai inputan pada baris MASUKAN JUMLAH MAHASISWA dimana syarat inputannya ini harus memiliki tipe byte, yang sebelumnya dideklarasikan dengan nama variabelnya adalah jumlah, setelah di enter maka posisi kursor akan berpindah ke baris baru dibawahnya.

Selanjutnya adalah dengan program perulangannya. Disini kita gunakan jenis perulangan for-do-begin dimana nama variable yang mengalami perulangan adalah variable i, dengan perulangannya dari 1 sampai jumlah yaitu variable yang digunakan sebagai inputan fungsi readln pada gambar program sebelumnya dengan tipe datanya byte. Perulangan diikuti dengan mencetak (‘NPM MAHASISWA KE,i’) diikuti dengan menambahkan fungsi readln(mahasiswa[i].nomor); yang artinya tiap data/nilai yang kita masukan disini akan masuk kedalam array mahasiswa[i] diikuti dengan jenis tipe datanya adalah .nomor yang artinya variable nomor ini dideklarasikan dengan tipe data integer. Hal ini juga berlaku untuk (‘NAMA MAHASISWA NO’,i) dan (‘IP MAHASISWA NO’,i) diikuti dengan fungsi readln sebagai inputannya yang akan diisi kedalam array mahasiswa[i] dan berdasarkan tipe datanya masing-masing(perhatikan .nama dan .ip) keduanya memilki tipe data yang berbeda, jadi jangan sampai salam memasukan. Setelah perulangan berhenti diakhiri dengan perintah end; sebagai pertanda bahwa berakhirnya perulangan yang terjadi dan hanya ada dalam blok perulangan saja. Diluar dari blok perulangan, maka program tidak mengalami perulangan.

Program selanjutnya adalah mencetak karakter-karakter seperti pada gambar diatas, menggunakan perintah writeln; maka akan mencetak karakter/huruf/angka didalam tanda kurung ( ) diakhiri posisi kursornya adalah dibawahnya.

Setelah proses mencetak selesai, maka akan dilanjutkan untuk perulangan. Berbeda dengan perulangan sebelumnya, variable yang dipakai untuk perulangan adalah j. dimana perulangan berlangasung dari 1 sampai jumlah yaitu sejumlah data yg ingin kita masukan. Kemudian melakukan perulangan untuk program with mahasiswa [j] do begin yaitu; menggunakan array mahasiswa[j], with disini fungsinya sama dengan record. Hanya saja with untuk mempersingkat dalam penulisan program, sehingga programmer tidak perlu pusing menuliskan kembali nama recordnya. Kita tinggal menuliskan field nya saja yang ada dalam record. Kemudian mencetak data yang sudah kita input sebelumnya yaitu untuk array mahasiswa di field ; nomor:5, nama:20 dan ip:11 dengan jarak spasi berdasarkan digitnya masing-masing. Dan mencetak (‘-------------------------‘); diakhiri dengan end; sebagai pertanda bagian akhir dari proses perulangan. Dan readln; end. Sebagai tanda berakhirnya suatu program.
No.2


Logika Program :
Program diatas akan menghasilkan output, Kode pegawai, Alamat pegawai dan Gaji pegawai. Yang sebelumnya kita isi datanya.


Ket : type dan end; merupakan prosedur pada pascal yang didalamnya terdiri atas 1 blok program yang akan kita buat sendiri variabel dan tipe data nya. data_pegawai menggunakan fungsi record yang didalamnya terdiri atas beberapa variable yang diisi dengan tipe data berbeda-beda, yaitu kd_peg tipe datanya integer(bilangan bulat) diakhiri setiap program dengan titik koma(;), demikian dengan nama tipe datanya string(karakter) dengan batasannya adalah 20 digit, alamat tipe datanya string(karakter) dengan batasannya adalah 20 digit, gaji tipe datanya adalah long integer, yaitu bilangan bulat dengan jangkauan/batasan nilainya lebih besar dibanding integer.



Ket : var, merupakan prosedur pada pascal yang berfungsi mendeklarasikan tiap variable dengan tipe data masing-masing. Pada program diatas menunjukan variable pegawai dideklarasikan dengan tipe datanya adalah data_pegawai; yang dapat disimpulkan bahwa didalam variable pegawai terisi beberapa jenis tipe data sekaligus yaitu; kd_peg, nama, alamat, gaji. lihat gambar program sebelumya.

Ket : begin merupakan tipe prosedur pada pascal guna menjalankan proses program selanjutnya(begin), hal ini merupakan syarat mutlak yang harus ditulis sebelum kita membuat program dalam pascal. Diikuti dengan perintah clrscr; yang artinya adalah Clear screen / membersihkan layar setiap program selanjutnya ingin dijalankan, sehingga program sebelumnya yang sudah kita jalankan terhapus, dan yang muncul adalah program yang baru kita jalankan. Proses pembacaan program selanjutnya adalah dengan menggunakan fungsi record with, sempat disinggung pada LA-1 sebelumnya fungsi dari with adalah untuk mempermudah kita dalam penulisan program record. Dengan with kita tidak perlu lagi menuliskan nama dari recordnya disertai dengan titik dan nama fieldnya. (.NamaField). kita hanya tinggal menuliskan nama fieldnya saja. Pegawai merupakan variable yang didalamnya terdapat sebuah record yang sebelumnya dideklarasikan dengan nama data_pegawai; yang kemudian dideklarasikan kembali menggunakan variable pegawai;. Jangan lupa menuliskan perintah do begin yang merupakan syarat agar program dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya menggunakan perintah write untuk mencetak (kode=, nama=, alamat=, gaji= ) disertai menyisipkan inputannya readln(); setiap inputan harus memiliki ketentuan/syarat didalamnya, apakah tipe data yang ingin kita input sesuai dengan ketentuan yang kita inginkan. Dapat kita lihat dari program diatas, jenis inputan yang dipakai berasal dari variable-variabel yg sebelumnya sudah dideklarasikan tipe datanya yaitu; (kd_peg: integer; , nama: string[20];, alamat:string[20]; dan gaji:longint;).
 Kemudian program writeln(); akan mencetak setiap karakter yang ada didalam tanda kurung yg diapit dengan tanda petik (‘). Pada program diatas akan dicetak (‘kode pegawai=’, ‘alamat pegawai’ dan ‘gaji pegawai’) diikuti dengan menyisipkan variable yang sudah diisi sebelumnya melalui perintah readln(); variable disini yang dimaksud adalah kd_peg, nama, dan gaji. Pada akhirnya ditutup dengan perintah end.


LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM 6 
No.1

Output : 



Logika Program :

Program diatas menggunakan fungsi PROCEDURE - BEGIN. Dan memberikan nama variabel nya adalah HITUNG. Kemudian didalam variabel HITUNG ada variabel A, B, C yang bertipe : Integer(bil bulat) diakhiri titik koma ; . Selanjutnya BEGIN untuk proses selanjutnya. Kemudian isi variabel C dengan A+B . lalu writeln; untuk memberi baris kosong. Lalu perintah writeln(‘A=’,A,’B=’,B,’C=’,C); menunjukan bahwa akan dicetak ‘A= ‘yang diisi dengan variabel A , ‘B=’yang diisi dengan variabel B, ‘C=’yang diisi dengan variabel C. Kemudian End; sebagai pertanda bahwa blok program untuk prosedur telah selesai. Lalu ke program dibawahnya, yang merupakan program utama. Dimulai dengan mendeklarasikan variabel dengan fungsi var, yaitu variabel X, Y, Z diisi dengan tipe data integer. Selanjutnya Begin untuk proses selanjutnya. Gunakan CLRSCR; untuk clear screen/membersihkan layar hasil output sebelumnya. Isi variabel X:= dengan 2 demikian juga untuk Y:= dengan 3 dan Z:= dengan 0 . Kemudian proses membaca program untuk HITUNG(X, Y, Z); . Variabel HITUNG merupakan procedure sub program dari program diatas sebelumnya. Didalamnya terdapat variabel-variabel yang merupakan parameter-nya. dimana X=A, Y=B, Z=C memang jika diperhatikan variabel yang dipakai berbeda, tetapi nilai yang diisi tidak berubah/mengalami perubahan, oleh karena itu disebut Call by value / pemanggilan suatu nilai terhadap variabel tetapi tidak merubah isi/nilai dari variabel tersebut.selanjutnya readln; untuk memunculkan tampilannya dan di akhiri dengan end. Sebagai pertanda akhir dari suatu program.



No.2


Output :

Logika Program :
Dimulai dengan memberikan variable TERBESAR sebagai Function dan diisi dengan variable X, Y dengan tipe data real, demikian juga dengan variable TERBESAR. Selanjutnya Begin untuk proses selanjutnya. Kemudian digunakan Operasi Logika IF – ELSE . IF variable X lebih besar (>) dari variable Y Then isi variable TERBESAR:= dengan X. jika tidak/selain itu isi variable TERBESAR:= dengan Y; dan end; untuk menutup blok program dari function. Kemudian program selanjutnya adalah program utama, yang terlebih dahulu dideklarasikan variabelnya, yang terdiri atas : NILAI1, NILAI2 isi dengan tipe datanya adalah real; . Selanjutnya Begin, kemudian writeln(‘NILAI PERTAMA?’);READLN(NILAI1); untuk mencetak NILAI PERTAMA? Disisipkan dengan readln(NILAI1) sebagai inputannya, dengan tipe inputannya harus berbentuk real. Diikuti dengan perpindahan kursor ke baris yg baru dibawahnya. Lakukan hal yang sama juga untuk NILAI KEDUA? Dan yang terakhir adalah dengan mencetak NILAI TERBESAR ADALAH , diikuti dengan mencetak nilai dari variable TERBESAR :9:3 dan diakhiri dengan end.



LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM 7

No.1


Logika Program : 
Diawali dengan memberi nama PROGRAM dan mendeklarasikan variable hasi_Printer dengan variable InfileData dan I atau dalam bahasa pascalnya hasil_Printer(InfileData,I); . kemudian menggunakan perintah uses crt; untuk mendeklarasikan variable library pada pascal. Selanjutnya diikuti dengan mendeklarasikan variable Var, untuk variable InfileData diisi dengan tipe data text; atau InfileData:text; dan variable I dengan tipe data integer. Begin(proses selanjutnya) dengan memulai mengetikan clrscr; untuk membersihkan layar. Berikan fungsi assign yang didalamnya adalah variable InfileData, I atau dalam bentuk pascalnya assign(InfileData,’I’); untuk membuat/membuka berkas data file baru yang ada dan fungsi rewrite(InfileData); untuk menuliskannya kembali kedalam variable InfileData. Kemudian writeln(InfileData,’Bilangan dari 1 ke 10’); untuk mencetak nilai dalam variable InfileData dan Bilangan dari 1 ke 10. Writeln; untuk membuat baris kosong dibawahnya, dan masuk kedalam program blok perulangan menggunakan FOR – TO – DO – BEGIN yaitu melakukan perulangan terhadap variable I dimulai dari 1 sampai 10 dan didalamnya terdapat statement writeln(I); pada blok perulangan, sehingga mengalami pengulangan sebanya 10 kali. Kemudian readln; untuk menampilkan hasil, dan diakhiri dengan end. Sebagai akhir suatu program.


No.2

Output : 

Logika Program : 
Program diatas dimulai dengan menggunakan uses crt; guna mendeklarasikan variable library pada pascal, dilanjutkan Var untuk mendeklarasikan variable yang ada. Isi variable N dengan tipe data text; atau N:text; dan variable teks dengan tipe data string atau teks:string; . Begin (proses selanjutnya) dimulai dengan clrscr; untuk membersihkan layar, kemudian menggunakan fungsi assign yang didalamnya diisi dengan variable N dan membuat/membuka berkas data yang ada, disini diberi nama D:\TES.TXT yang isi nya terdapat kalimat “contohhpe” dan di save dengan nama TES ekstensinya .TXT dan disimpan dalam drive D:\ atau dalam pascal assign(N,’D:\TES.TXT’); dilanjutkan dengan reset(N); . kemudian menyisipkan readln(N,teks); sebagai inputannya, dan dibawahnya writeln(teks); untuk mencetak nilai teks yang ada. Gunakan readln; untuk menampilkan hasilnya dan diakhiri denga end.

2 Komentar:

Skyland HaCKeR said...

wah, kayaknya blajar pascal susah ya...
itu materi semester brpa ya...

Fendy's Web said...

yang diatas baru kumpulan coding sederhana ajah,.masih bnyk variasi yang bs dikembangkan,.tp begitulah kurang nya fitur yg dimiliki pascal membuat orang2 meninggalkan pascal..tp untuk dasar bagus banget,untuk mengembangkan Logika kita.

hmmm..untuk semester 2..

Salam KeNal ^^