Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Pemahaman Konsep Etika dan Profesionalisme Berdasarkan 4W (What, Why , When, Who)


Pengertian Etika dan Profesionalisme TSI ?
Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita sudah tidak asing lagi mendengar kata etika dan profesionalisme yang pada akhirnya kedua elemen ini diadopsi dalam dunia teknologi system informasi yang memiliki peran didalamnya. Menurut opini saya etika secara umum adalah sebuah sikap atau perilaku baik maupun buruk kita dalam kehidupan sehari-hari  yang dapat dipahami ataupun diterima orang-orang yang ada disekitar kita. (definisi ini mengacu kepada sumber atau referensi dari  sini : mkusuma.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../W01-Pengertian+Etika.pdf )
Sedangkan profesionalisme secara umum adalah sikap kita bagaimana menyikapi suatu permasalahan yang sama tampa menitik beratkan besar atau kecilnya dari suatu masalah yg kita hadapi. Tapi apakah sebuah profesionalisme selalu kearah sebuah permasalahan??tentu tidak! Terlepas dari itu semua sebuah profesionalisme biasanya identik dengan suatu kualitas yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang memiliki nilai lebih (eksekutif) dimata orang lain yg menilai kita. Adapun cirri-ciri dari sebuah profesionalisme yg baik pada umumnya adalah :
1.       Memiliki attitude yang baik terhadap orang lain dalam dunia kerja. Hal ini sangat saya alami saat saya bekerja saat ini. Dengan memiliki attitude yg baik maka orang lain yg mengenal kita tentu akan lebih respek atas apapun yg sedang kita kerjakan dan mudah bagi kita untuk mengembangkan karrier kita dalam dunia kerja.
2.       Skill dan keterampilan. Memiliki skill disini adalah mempunyai basic ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu permasalahan dan cermat dalam mengambil keputusan serta cepat dalam membaca situasi.
3.       Memiliki orientasi selalu maju kedepan, bukan kebelakang dimana ilmu dan informasi luas dan selalu terbarukan memaksa kita untuk selalu mengupdate ilmu-ilmu terbaru yg saat ini berkembang.
4.       Memiliki sikap mandiri berdasarkan kepekaan dan kemandirian berperilaku serta terbuka untuk menerima masukan dari orang lain dan mengambil hal-hal yg positif atas apa yg didapatkan dan membuang hal-hal yg menurut kita negative untuk diri sendiri.

“Jika demikian bagaimana pengertian dari sebuah etika dan profesionalisme dalam teknologi system informasi ? jawabannya adalah dengan adanya kedua elemen ini (etika dan profesionalisme) yg diadopsi kedalam TSI membuat kita menjadi paham akan pentingnya selalu memperbaharui sebuah teknologi system informasi diikuti dengan kaidah-kaidah etika dan profesionalisme kita dalam bekerja membuat kita selalu sadar akan perkembangan era globalisasi yg menuntut kita tidak hanya mahir dalam hal ilmu tetapi juga memiliki daya jual dan loyalitas kita terhadap suatu pekerjaan yg saat ini kita tekuni. “

Mengapa Menggunakan TSI ?
Jika kita dihadapkan kedalam suatu permasalahan mengapa teknologi system informasi?maka jawabannya adalah Karena teknologi system informasi (TSI) sebuah era baru yang saat ini sedang berkembang digunakan menuju era otomatisasi yg membuat kita sadar akan manfaat sebuah teknologi system informasi yang dapat memberikan hasil dan waktu kerja secara efektif dan effisien. Untuk itu banyak dari kita semua saat ini yang mengembangkan konsep TSI di bidang usaha, pendidikan maupun perkantoran. Terlepas dari itu TSI juga memiliki cakupan yang luas dari segi bidang industry dan kedokteran sehingga peluang untuk memperoleh pekerjaan yang berbasis TSI dengan skill masing-masing tentunya dibidang IT terbuka luas untuk mencari pekerjaan dengan cost benefit yg menjanjikan perusahaan tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk mencari seorang expert system.

Kapan Kita Harus Menggunakan TSI ?
Kapan kita harus menggunakan TSI? Jawabannya adalah tentu kapan saja baik itu saat kita berkesinambungan didalam dunia TI, Accounting, dll yang berhubungan dengan komputerisasi yang membutuhkan sebuah system yg berjalan secara terus-menerus menghasilkan data atau informasi yg berguna bagi orang lain yg dapat disimpan untuk kebutuhan selanjutnya atau diolah untuk proses selanjutnya. Dalam dunia perkantoran dan bisnis TSI (Teknologi Sistem Informasi) harus selalu digunakan setiap saat untuk setiap perusahaan saling berinovasi membuat sebuah TSI yang sebelumnya menjadi sebuah TSI yang lebih kompleks sehingga dapat mengalahkan para pesaingnya untuk itulah dibutuhkan TSI setiap saat.

Siapa Saja yg Menggunakan TSI ?
Dalam mengembangkan sebuah TSI, banyak pihak yang berperan didalamnya baik itu para direksi perusahaan untuk mengambil sebuah keputusan maupun para karyawannya yg mengolah datanya. Tidak hanya itu saja, banyak dari kita yang berkesinambungan didalam TSI salah satunya yaitu bagi mereka yang kesehariannya menggunakan berbagai macam segala teknologi baik komputer, hanphone, laptop, ipad, dll yg memiliki tujuan yang sama dalam kebutuhan mereka menggunakan teknologi sehari-harinya. 


Nama: Fendy Christian
NPM: 10108801
Kelas: 4KA01

Sumber artikel : mkusuma.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../W01-Pengertian+Etika.pdf )

2 Komentar:

Fendy's Web said...

klo mau copas tlg cantumkan web blog saya yah..thx ^^

Anonymous said...

emang ada yg mw copas :p