Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Manipulasi Database Melalui NetBeans

Pada kesempatan ini, ijinkan saya kembali menuliskan suatu informasi yang mungkin sudah sering dilakukan, apalagi untuk anda2 sekalian yang sudah bergelut dalam dunia pembuatan aplikasi java menggunakan Netbeans tapi tidak ada salahnya apabila saya mengulas kembali informasi yang sekiranya bisa bermanfaat buat anda-anda yang baru belajar dalam pembuatan aplikasi. Selamat Mengikuti tutorial sederhana saya. 




Netbeans merupakan salah satu IDE Java yang sangat super power menurut gw ^^` karena fasilitas yang disediakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Java itu banyak sekali. Tutorial  ini gw ingin mendemokan bagaimana memanipulasi database lewat Netbeans! Nah loe..kok bs??kan setau saya itu lwt phpmyadmin / XAMPP dkk nya...maka dari itu jd penasaran kan??hehehe..yuk kita lanjut..Database akan digunakan pake MySQL.


Yang harus dibutuhkan :
1. Netbeans IDE , dalam tutorial inki gw pake versi 6.8
2. MySQL connector (fungsinya sebagai penghubung Database antara localhost dengan NetBeans yang mau kita pake, untuk versi IDE 6.8 tidak perlu menginstall karena sudah include didalamnya, kecuali yang menggunakan versi 5.x.x kebawah)


Sebelum kita mulai tutorial hal lain yang harus diperhatikan oleh kawand-kawand sekalian adalah 'pada gambar terdapat garis merah, itu artinya event yang akan kita lakukan alias di Klik (kiri/kanan) sesuaikan aja sama gambarnya. Okeh!
Penting!! Sebelum melanjutkan ke langkah tutorial kalian sudah harus menyalakan web server localhost, jika tidak, pasti tidak bisa ke langkah selanjutnya. Lihat gambar dibawah ini :
- Nyalakan terlebih dahulu web server anda ! Disini gw pake XAMPP



- jika sudah, buka web browser nya, ketikan http://localhost/phpmyadmin
- Pada bagian Create new database isi dengan nama database yang kalian mau buat. Mis dbtest



Langkah-langkah Tutorial :
1. Buka NetBeans IDE 6.8.
2. Pilih File → New Project → Categories : Pilih Java → Projects : Pilih Java Application


3. Pada Bagian Tab pilih : Services
4. Buka folder + Drivers → MySQL(Connector/J driver)->klik kanan → pilih connect using → pilih bagian Direct URL entry 
(Nah untuk username & Password, isi berdasarkan jenis web server masing2 mis XAMPP /username:root /password:(kosongkan





5. Setelah yakin anda telah menjalankan langkah2 diatas, kita lanjut dengan membuat tabel nya di Netbeans caranya yaitu :(lihat gambar dibawah ini)



6. Buatlah nama tabel nya dengan nama : tbmahasiswa ->Add column (untuk menambah field/kolom) lihat gambar selanjutnya


7.Isikan Berdasarkan jenis field/kolom yang akan diisi apakah berjenis char,integer dll, jika sudah ->OK







Selesai !

0 Komentar: