Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Aplikasi Kalkulator Sederhana Part 1

Setelah beberapa hari absen dari web ini berhubung gw kurang enak badan yah boleh dikata apa..hiz..tp sambil menemani sakit saya ini, saya mau sedikit share aplikasi kalkulator sederhana yang teman-teman bisa lihat pada tutorial saya dibawah ini. Kenapa ada part 1 nya??hehehe..penulis mungkin pada kesempatan selanjutnya akan memodifikasi lebih dari part 1 ini, tapi seandainya temen-temen mau menambahkan duluan juga tidak apa-apa..hehehehhe..Semoga bisa menjadi inspirasi anda kelak dalam membuat aplikasi 'inget yah ini hanya aplikasi sederhana jd temen-temen silahkan kembangkan lagi sedemikian rupa sehingga kalkulatornya bisa menghitung sin, cos, tan, dan fungsi matematika lainnya. trims.. ^^






Step 1 -> Buka Netbeans anda ->File New Project ->Java Application ->beri nama "Kalkulator_Sederhana" ->Finish
Step 2 -> Ikuti langkah gambar dibawah


Step 3 -> Buatlah Design Form Seperti gambar dibawah ini :



Step 4 -> Kita Mulai Bermain Coding nya :


Atur Properties Pada tiap-tiap Component yang dimasukan pada Form


1. JTextField -> Change variabel name -> cmdtampil
2. JButton1 -> Change variabel name -> cmd1 dan Edit Text -> "1" (tanpa tanda kutip) lakukan hal yang sama untuk semua angka pada form


Contoh : 


Step 5 -> Lakukan hal yang sama untuk semua JButton angka 0-9


Step 6 -> Deklarasikan variabel angka,total, angka1, angka2, dan pilih.  Diantara perintah utama : 
public class KalkulatorSederhana extends javax.swing.JFrame { 
}
Contoh :

Step 7 -> Buat Sebuah Contructor dan tambahkan didalam nya perintah angka=" " variabel ini yang nantinya akan siap digunakan saat diperlukan ketika aplikasi dijalankan dan variabel ini "bernilai kosong"

Contoh :
Step 8 -> Double Klik pada tombol JButton pada angka 0. Tambahkan Coding angka +="0"; dan cmdtampil.setText("0"); didalamnya hal ini dilakukan untuk menampilkan angka nol (0) pada JTextField yang tadi anda sudah ganti namanya menjadi cmdtampil diikuti tanda titik(.)untuk menggunakan even setText yang akhirnya akan menampikan angka 0 pada JTextField.
Contoh : 
Step 9 -> Lakukan hal yang sama untuk tombol 1 sampai 9, hanya jangan lupa merubah nilai pada variabel angka dan cmdtampil sesuai tombol yang ada. mis gambar diatas ditujukan untuk tombol 0 maka dari itu di beri nilai "0".
Contoh : 


Step 10 -> Setelah kita selesai memberikan coding pada masing-masing tombol / JButton, maka kali ini kita akan memberikan coding pada bagian tombol / JButton untuk operator (+) (-) (/) (*) (%) dan (=)


Sebelum nya jangan lupa untuk merubah Change variabel name properties nya pada masing-masing JButton yang menjadi operator sebagai berikut : 


JButton -> cmdtambah, cmdkurang, cmdbagi, cmdkali, cmdpersen, cmdsamadengan
Contoh : 
Coding untuk Tombol "="
Coding untuk Tombol "Clear" 
Coding untuk Label "Keluar"


Selesai ! 
(Tekan Shift + F6 , untuk Run File)


Demo Aplikasi Disini 

0 Komentar: