Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Install IDE Compiler Borland C++ 3.0 & Contoh Program Sederhana Program Constructor / Destructor

Kali ini, saya ingin membuat sebuah tutorial sederhana yang juga merupakan tugas dari dosen untuk membuat suatu program Constructor dan Destructor. Nah, disini saya ingin mencoba untuk membuatnya di editor Borlan C++ 3.0 semoga ini juga bisa membantu buat adik-adik kelas saya nanti yang naik ke tingkat 2 Khususnya di Praktikum I-LAB, karena ilab menggunakan compiler Borland C++ 3.0 sampai saat saya menuliskan artikel ini 'gk tau deh kedepannya pk apa..he3'. Sebagai pedoman bagaimana cara menginstall dan melakukan pengaturan direktory nya. Langkah awal setelah anda mendownload compiler Borland C++ 3.0 adalah mengekstraknya kedalam Drive C: (asumsikan tempat anda menginstall OS di drive:c . jika bukan ekstrak sesuai dengan drive tempat anda mengistall OS anda). Berikut tampilan setelah anda mengekstrak folder Tubo.zip
Lihat 1.1
Setelah selesai diekstrak, maka akan muncul dalam tampilan folder seperti gambar diatas. Buka folder Turbo C. Lalu pilih : icon INSTALL seperti gambar dibawah ini !
Lihat 1.2
Kemudian akan muncul tampilan jendela C:\TURBOC~1\INSTALL.EXE, Tekan enter u/lnjut
Lihat 1.3
Masukan Drive:C anda untuk menginstall Pack Source C++,kemudian tekan enter u/lnjt
Lihat 1.4


Masukan Folder Source Path anda yang ada pada folder Turbo C yang anda ekstrak tadi(biasa nya sudah default/otomatis detect sendiri jd tinggal di enter aja untuk melanjutkan
Lihat 1.5
Langkah terakhir tinggal pilih menu “Start Installation” utuk mengekstrak Path-path yang ada dalam folder Turbo C tadi kedalam folder baru C:\TC
Lihat 1.6
Berikut ini adalah tampilan setelah proses installasi selesai.
Lihat 1.7
Nah, setelah muncul tampilan cmd anda, biasa nya selalu diawali dengan folder C:\Documents and Setting\user_anda> sedangkan td anda menginstall compiler c++ anda langsung kedalam drive c: , untuk menghindari kebingungan, oleh karena itu saya membuat tutorial ini! Okehh..ketik cd..
Lihat 1.8
ketik, cd.. sampai benar-benar sudah tidak ada lagi folder, yg dimasuki oleh drive:c lihat gambar dibawah ini ! Tampilan setelah hanya tinggal drive:c tanpa ada folder-folder lagi yang dibuka. cd=change directory menandakan untuk berpindah ke folder tertentu 1 level dibelakang/ didepan nya. Untuk lebih jelasnya anda bisa belajar perintah cmd dan fungsi nya.
Lihat 1.8
Kemudian, setelah cmd anda seperti tampilan diatas, ketikan nama folder c++ baru anda td. C:\>cd TC\BIN kemudian tekan enter.
Lihat 1.9
Nah, kita tinggal menjalankan TC.EXE yang merupakan compiler dari c++
Lihat 2.0
Berikut tampilan dari IDE Borland Compiler C++ 3.0 lewat cmd
Lihat 2.1
Selanjutnya adalah tahap pengaturan Directories, tekan alt+O atau pilih menu Options → Directories //hal ini dilakukan untuk melakukan pengaturan dari lokasi folder Include dan Library 'biasa nya sudah default terisi, jika belum..isi sesuai dengan lokasi masing-masing
folder include dan library yang ada pada folder TC anda tadi. Ingat!! harus sesuai, jika tidak
kemungkinan besar compiler anda tidak akan bisa meng compile dan run program yg ada.
Lihat 2.2
Perhatikan gambar dibawah ini! Tanda lingkaran merah berarti “kosongkan saja“ sehingga hasil output dan source program anda default tersimpan di folder C:\TC\BIN <>
Lihat 2.3
Buka, windows Explore anda ->berikut merupakan lokasi dari Folder TC dan BIN folder menyimpan save-an anda.
Lihat 2.4
Lihat 2.5
Menggunakan Metode Constructor Dengan Parameter 
Logika Program :
Suatu objek dapat diinisialisasi dengan menggunakan default constructor dengan nilai yang ditentukan secara hard-coded di dalam program. Tetapi bisa saja berlaku suatu keadaan dimana variabel harus di set dengan nilai yang dimasukkan oleh user. Untuk menangani masalah seperti ini sebuah constructor dapat dimodifikasi untuk menerima nilai yang dimasukkan oleh user pada saat program dijalankan (run-time).
Berikut adalah contoh penggunaan constructor dengan parameter :
Lihat 2.6
Setelah Proses Compile Selesai tanpa ada yang error (tekan alt+F9)
Lihat 2.7
Berikut merupakan listing program nya:
#include"iosream.h"
class Calculate
{
private:
int num1, num2, total;
public:
Calculate(int, int);
void sum();
};
Calculate::Calculate(int x, int y)
{
num1 = x;
num2 = y;
total = 0;
}
void Calculate::sum()
{
total = num1 + num2;
cout << "Jumlah Dari : " << num1 << " + " << num2 << " = " << total;
cout <<"\n";
}
int main()
{
int var1, var2;
cout <<"\n";
cout << "Masukin dong nilai pertamanya ah' : ";
cin >> var1;
cout << "Masukin lagi dong nilai ke duanya ih' : ";
cin >> var2;
Calculate c(var1, var2);
c.sum();
return 0;
}
Hasil Output nya setelah dijalankan :
Lihat 2.8
Kemudian tekan sembarang tombol untuk keluar.
Lalu lakukan lagi compile+run yang ke dua, sehingga hasil output nya menjadi seperti berikut 
Lihat 2.9
Perbedaan output diatas dengan output sebelum nya adalah output sebelum tidak mencetak “Jumlah Dari : 4+ 5 = 9 ” sedangkan untuk output diatas mencetak nya. Hal seperti diatas dapat disimpulkan bahwa constructor merupakan sebuah fungsi khusus yang otomatis akan dipanggil setiap melakukan instansiasi terhadap suatu kelas. 
Menggunan Metode Destructor Sederhana 
Destructor merupakan komplemen dari constructor. Destructor dipanggil pada saat sebuah instance dari sebuah objek berakhir keberadaannya. Destructor melakukan de-inisialisasi suatu objek yang sudah tidak digunakan lagi. Destructor akan secara otomatis dipanggil jika objek dari suatu kelas keluar dari scope-nya. Dengan menggunakan destructor, programer tidak perlu membersihkan memori yang telah digunakan oleh data member setiap kali suatu objek keluar dari scope.
Destructor memiliki nama yang sama dengan kelas yang mendeklarasikannya, tapi diawali dengan tanda ~ (tilde). Setiap class hanya boleh memiliki satu destructor. Destructor tidak dapat menspesifikasikan nilai kembalian (return value) atau secara eksplisit mengembalikan nilai.
Lihat 3.0
Berikut merupakan listing program nya:
#include"iostream.h"
class Calculator
{
private:
int number1, number2, tot;
public:
Calculator()
{
number1 = 10;
number2 = 20;
cout << "Constructor invoked";
cout << "\nNumber1 = " << number1;
cout << "\nNumber2 = " << number2;
}
void add()
{
tot = number1 + number2;
}
void display()
{
cout << "\nThe total is " << tot;
}
~Calculator()
{
number1 = 0;
number2 = 0;
cout << "\nDestructor invoked";
cout << "\nNumber1 = " << number1;
cout << "\nNumber2 = " << number2;
}
};
int main()
{
Calculator c;
c.add();
c.display();
return 0;
}
Berikut, hasil output setelah proses compile+run.
Lihat 3.1
Nah, coba deh anda perhatikan Tahap Constructor, telah didefinisikan bahwa Nilai Angka ke-1 berisi nilai 10 dan Angka ke-2 berisi nilai 20, Kemudian dilakukan penjumlahan menghasilkan nilai 30. Lanjut ke tahap Destructor, nah untuk tahap ini menghilangkan/menghapus nilai dari constructor tadi. Lihat gambar diatas.
Destructor juga dapat dipanggil secara eksplisit seperti contoh dibawah ini :
Calculator obj;
Obj.~Calculator();
Tapi sebenarnya destructor tidak perlu dipanggil secara eksplisit karena sistem akan secara otomatis memanggil destructor ketika suatu objek keluar dari scope. Memanggil destructor secara eksplisit adalah teknik yang digunakan pada skenario pemrograman lanjut, bukan ditujukan untuk pemula. Yah kurang lebih sampai disini dulu tentang pembahasan Constructor dan Destructor secara sederhana. Masih belum menggabungkan dengan bentuk Inheritance, Polymorfism, Encapsulation lho..ini masih pengenalan dasar memahami bentuk penggunaan constructor dan destructor tadi. Sekian dulu, saya ucapkan Trima Kasih!
NB: Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.
Berikut Link IDE Compiler C++ 3.0 Download Disini! dan Source Program diatas!

4 Komentar:

Anonymous said...

bro, aku install d direktori "f"
nah dari C:\> harus d ubah ke F:\>
carana gmn yach???
mohon pencerahan,.,.,.

Fendy's Web said...

maksudnya drive F: kali??

sebenarnya mau di install di drive mana aja jg boleh..yg penting saat anda menginstall Turbo C nya pilih Drive yg mau di ekstrak dan disimpan dimana. nah klo dah tau..tinggal di buka aja data mentah TURBO.exe na lwt Command Prompt..

Anonymous said...

ijin meng-copy script gan untuk tugas...

bebek

Anonymous said...

Wonderful items from you, man. I've bear in mind your stuff previous to and you are just extremely magnificent. I really like what you've got right here, really like what you're saying and the way by which you assert it. You are making it entertaining and you continue to care for to stay it wise. I cant wait to read far more from you. This is really a terrific website.

Have a look at my page :: ranking kredytów