Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

PENTINGNYA TEKNOLOGI INFORMASI

Perusahaan hanya akan bertahan sukses dalam jangka panjang apabila berhasil membangun strategi untuk menghadapi 5 tekanan persaingan (competitive forces) yaitu:

1.persaingan dengan kompetitor atau perusahaan-perusahaan yang sudah ada dalam
industry
2.ancaman masuknya pendatang baru ke dalam industry
3.ancaman produk atau jasa pengganti
4.posisi tawar (bargaining power) konsumen
5.posisi tawar (bargaining power) pemasok Strategi dasar untuk menghadapi tekanan
persaingan tersebut adalah:

•Strategi Cost Leadership
•Strategi Differensiasi
•Strategi Inovasi
•Strategi Pertumbuhan
Strategi Aliansi

Keunggulan Kompetitif
Keunggulan kompetitif adalah kemampuan perusahaan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan. Sekurang-kurangnya ada dua prinsip pokok yang perlu dimiliki perusahaan untuk meraih keunggulan kompetitif yaitu adanya nilai pandang pelanggan dan keunikan produk.

Membangun bisnis dengan customer-focused
Perusahaan yang dapat membangun bisnis yang berfokus pada customer adalah bagaimana dia dapat :

•Mempertahankan agar customers loyal
•Dapat mengantsisipasi kebutuhan masa yang kan datang
•Mampu merespon kekhawatiran customer
•Menyediakan pelayanan yang berkualitas tinggi kepada customer

Bagaimana perusahaan agar dapat menyediakan customer value :

•Mampu menelusuri preferensi dari pelanggan
•Mengikuti trend pasar
•Dapat menyediakan produk dan service kapan saja dan dimana saja
•Mampu menyediakan pelayanan kepada customer sesuai dengan yang diinginkan
•Memanfaatkan Customer Relationship Management (CRM) systems untuk dapat focus
kepada customer

Value Chain dan Strategi Information System
Salah satu teori yang dikembangkan oleh Michael Porter adalah teori value chain. Teori ini menggambarkan bahwa sebuah perusahaan adalah suatu rangkaian bentuk aktivitas dasar yang mempunyai fungsi menambah value bagi produk dan jasa yang dihasilkan.

Akitivitas yang dilakukan oleh perusahaan terdiri dari :
•Primary processes, yaitu suatu aktivitas proses yang berhubungan langsung dengan
proses manufaktur atau penyediaan produk.
•Support processes, yaitu aktivitas proses yang dari waktu ke waktu memberikan
dukungan terhadap perusahaan dan secara tidak langsung memberikan kontribusi
kepada produk dan jasa yang dihasilkan.

Primary processes terdiri dari :
1.Inbound logistic (input) : masuknya material yang akan diproses (diterima,
disimpan).
2.Operations (manufacturing and testing): material yang digunakan dalam kegiatan
operasi yang lebih bernilai ditambahkan dalam pembuatan produk.
3.Outbound Logistic (storage and distribution) : produk-produk perlu disiapkan
untuk delivery (packaging,storing and shipping).
4.Marketing and sales : mencoba untuk menjual produk untuk costumer, meningkatkan
nilai produk dengan manghasilkan deman (permintaan) untuk produk-produk
perusahaan (nilai dari item produk yang terjual lebih besar daripada yang
terjual).
5.Service : ditujukan untuk customer yang akan memberikan nilai, dan dari
penambahan nilai ini, hasil primary processes diharapkan menghasilkan profit.

Primary Processes didukung dengan support processes, meliputi :
1.infrastruktur perusahaan (accounting, finance, management)
2.manajemen sumber daya manusia
3.pengembangan teknologi (Riset and Development)
4.procurement

Dengan mengaplikasikan value chain dalam maka perusahaan dapat ikut serta dalam strategi kompetitif untuk memberikan nilai yang terbaik pada produk atau jasa yang dihasilkan.

PENGGUNAAN TI UNTUK KEUNGGULAN STRATEGIS
Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam penggunaan teknologi informasi. Banyak perusahaan memanfaatkan teknologi informasi sebagai keunggulan kompetitif yang membedakan dengan perusahaan lainnya dalam satu pasar.

1.Strategi kompetitif dengan menggunakan teknologi informasi, adalah:
Kembangkan sistem informasi antar perusahaan yang efisiensi menciptakan
biaya perubahan yang mengunci customers dan suplayers didalam perusahaan.

2.Lakukan investasi besar dalam aplikasi TI canggih yang dapat membangun rintangan
bagi para pesaing atau pihak luar untuk masuk ke dalam industri tersebut.

3.Masuknya berbagai komponen TI dalam produk dan jasa untuk membuat pengganti dari
produk atau jasa sejenis, menjadi lebih sulit.
4.Dorong investasi ahli-ahli sistem informasi, hardware, software, database, dan
jaringan, dari penggunaan operasional menjadi aplikasi strategi.

Salah satu dari implementasi yang sangat penting dari strategi kompetitif adalah bussiness process reenginerring (BPR), yaitu suatu proses melakukan pemikiran ulang yang mendasar dan desain kembali secara radikal dalam proses bisnis untuk menghasilkan perubahan yang luar biasa pada cost, kecepatan, kualitas dan pelayanan.

Menjadi perusahaan yang tangkas/gesit (agile).
Agility dalam sebuah kinerja bisnis dapat diartikan sebagai keberhasilan perusahaan dalam mengahadapi perubahan yang sangat cepat, dan pasar global yang semakin terpisah pisah sesuai dengan tuntutan akan kualitas tinggi, kinerja baik dan semakin personal sesuai keinginan konsumen.
Untuk mewujudkan Agile company,ada 4 strategy dasar yang harus dilaksanakan :

1.Konsumen harus mengetahui bahwa produk perusahaan adalah solusi individu atas
maalah yang dihadapi, sehingga harga produk dapat ditetapkan dengan basis nilai
(value) sebagai sebuah solusi, dibandingkan dengan harga produksi semata

2.Bekerjasama dengan konsumen, suplier dan kompetitor agar dapat menyediakan produk
di pasar dengan segera dan biaya seefektif mungkin

3.Mengatur perusahaan sehingga dapat berkembang pesat dalam keadaanyang selalu
berubah dan diliputi ketidakpastian. Cara yang dilakukan dengan menerapkan
struktur organisasi fleksibel yang mengacu pada kesempatan di pasar

4.Melipatgandakan dampak dari sdm dan pengetahuan yang dimiliki

Menciptakan perusahaan virtual (VC-Virtual Company)
VC adalah perusahaan yang menggunakan teknologi informasi untuk menghubungkan manusia, organisasi, aset dan gagasan/pikiran.
VC menciptakan jaringan informasi melaui jaringan internet, intranet dan ekstranet. Juga menciptakan Interenterprise information systems dengan pemasok, konsumen, subkontraktor dan supplier.
Strategi yang diterapkan:

•Berbagi infrastruktur dan resiko dengan persekutuan
•Menghubungkan kompetensi inti yang saling berhubungan
•Meningkatkan efisiensi waktu & kas melalui sharing
•Meningkatkan fasilitas dan cakupan pasar
•Memperoleh akses kepada pasar baru dan share market atau loyalitas konsumen
•Beralih dari sekedar menjual produk menjadi menjual solusi

Membangun Knowledge Creating Company.
Ada 2 macam knowledge yang dikembangkan perusahaan :

Explicit knowledge: data, dokumen, dan seluruh hal yang tertulis atau yang tersimpan didalam computer

Tacit knowledge: “how-to” knowledge yang ada dalam pikiran masing masing pekerja Tacit Knowledge seringkali menggambarkan informasi terpenting dari sebuah organisasi, namun tidak tercatat secara tertulis tetapi berada didalam akal/pikiran masing masing karyawan. Learning organization menciptakan system yang memungkinkan Tacit knowledge dapat diakses seluruh karyawan. Knowledge management yang sukses, menciptakan teknik, teknologi, sistem dan reward/insentif yang mendorong karyawan untuk membagikan pengetahuan yang dimiliki sehingga secara akumulasi meningkatkan workplace and enterprise knowledge. Perusahaan membangun Knowledge Management System (KMS) untuk mengelola pembelajaran organisasi dan bisnis.

Tujuan dari KMS yaitu menciptakan sistem yang memfasilitasi karyawan untuk menciptakan, mengelola secara sistematis dan membuat knowledge tersedia kapanpun dan dimanapun dibutuhkan didalam organisasi. Dalam informasi ini termasuk proses, prosedur, paten, referensi kerja, dan formula, best practise, peramalan dan kepastian. KMS didesain untuk menyediakan imbal balik/feedback secara cepat kepada karyawan, mendorong perubahan perilaku, dan perubahan kinerja bisnis secara signifikan. Knowledge yang ada akan diimplementasikan dalam proses bisnis, produk dan jasa yang dihasilkan. Integrasi ini menjadikan perusahaan menjadi lebih innoovative dan agile dalam menyediakan produk dan layanan pelanggan berkualitas.

5 Komentar:

Anonymous said...

thank's ya informasinya,,,,

Anonymous said...

sama-sama ^^

Anonymous said...

makasih atas info na...

Anonymous said...

iya,.sering-sering mampir yo..he3..

Unknown said...

tengkiuwwwww...