Gabung Ke Forum Saya Di 4KA01

Manajemen dan SIM 1

Hai' ketemu lagi nih di pertemuan ke 2. Saya mau Meng Up Date materi M&SIM1 yang kemarin telah di bahas sebelumnya oleh Dosen saya di Kelas. Berdasarkan Apa yang Beliau Jelaskan dapat saya tafsirkan :(Materi yang sudah di Terangkan)..


Pendahuluan

Didalam suatu Perusahaan kalian tentu sudah tau ada suatu organisasi/sistem yang didalam nya terdapat manajemen(mengatur;yg diatur). Didalam manajemen pasti terdapat suatu sistem, tetapi didalam sistem belum tentu ada manajemen.
Didalam perusahaan ada unit fungsional, yang menjalankan fungsi/tugas nya masing-masing dalam

Tingkatan Manajemen 




**1** Tingkat Perencanaan Strategis : Tingkat Perencanaan Jangka Panjang biasanya interval waktunya 5 – 10 tahun.

Tanggung Jawab:

- Bertanggung Jawab atas pengaruh-pengaruh/keputusan yang diambil dari/untuk semua unit perusahaan yang ditetapkan oleh Manajer.
- Hidup/matinya perusahaan tanggung jawab Manajer.
- Manajer mengatur unit Fungsional

Contohnya(Manajer Tingkat atas):Dirut(Direktur Utama) dan Komisaris(Pemegang saham)

**2**Tingkat Pengendalian Manajemen(middle level):Bertanggung Jawab melaksanakan rencana perusahaan sehingga tercapainya suatu tujuan. Biasanya interval pengerjaan nya 1 – 5 tahun.


Contohnya: Direksi dan Kepala Produksi

**3**Tingkat Pengendalian Operasional/Pengawas(low level/lini):

Tanggung Jawab :

- Menyelesaikan rencana – rencana yang memang sudah ditetapkan perusahaan.
- Menjadikan rencana menjadi suatu tindakan.

Contohnya:Supervisor dan Mandor

**4**Karyawan Operasional :


Dilihat dari kegiatan Manajer

0>Manajer biasa Melaksanakan tugas-tugas yang sudah menjadi bagiannya atau bersifat fungsional.


Manajer secara umum 

0>Bertanggung jawab atas unit-unit yang ada.


Masing-masing tingkatan manajer mempunyai tingkat keahlian, yakni dibagi menjadi 2 bagian   utama :

1. Keahlian Manajerial
2. Keahlian Teknik


Berikut gambar yang menunjukan perbedaan dari masing-masing tingkatan manajer.



Latihan Soal 
1. Mengapa Tingkatan Manajer semakin atas semakin kecil?Jelaskan?
Jawab :


Berdasarkan dari Analisa saya, Kita mengetahui bahwa tiap-tiap dari Tingkatan Manajemen memiliki fungsi dan tujuan masing-masing yang berbeda. Dari aktifitas/tugas yang mereka lakukan itu tentunya menghasilkan suatu informasi, nah informasi yang didapat dari level bawah tentunya jauh lebih besar, karena pekerjaan low level(tidak hanya low level, semua level juga turut ambil bagian) berhadapan langsung dengan kegiatan pasar, baik itu pelanggan ataupun perusahaan lainnya yang saling bekerja sama. Segala bentuk transaksi/informasi yang ada menyangkut perusahaan, kemudian dikemas rapi berupa report(laporan) biasanya digunakan suatu teknologi perusahaan besar yaitu INTRANET. Kemudian hasil laporan itu diketahui oleh kepala tiap-tiap unit fungsional perusahaan, tapi informasi yang disajikan tiap-tiap level tentu berbeda harus berkaitan dengan tugas dari unit tersebut. Dan pada akhirnya informasi yang didapat semakin keatas semakin sedikit, karena bagian level top / middle tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari suatu informasi tentang perusahaan karena itu sudah menjadi tugas utama low level.”enak ya jd boss, cuma tinggal terima laporan dengan tampilan paper, tp gk tau rasanya bawahan banting tulang cari income untuk perusahaan itu sendiri, harusnya gaji low level lebih besar!!!!!seperti saya..he4” Tapi 1 hal yang harus diperhatikan disini adalah “Informasi semakin keatas semakin sedikit bukan berarti informasi yang didapat level top semakin sedikit, Justru sebaliknya tetapi hanya cara penyajiannya saja lebih sederhana. Kalian setuju menurut opini saya??Klo salah Jangan dimarahin ya..
        Namun, apabila ditarik garis dari gambar piramid segitiga sebelumnya kemudian dibuat menjadi jajaran genjang, dapat ditarik kesimpulan adanya keterbalikan dari tugas dan fungsi tingkat manajemen piramida sebelumnya. Bahwa Gambar piramida terbalik ini menjelaskan, selain top level memperoleh cara penyajian informasi lebih sedikit/sederhana, tetapi intruksi yang diberikan/dimiliki lebih besar dibandingkan tingkat level middle / low.“buset parah amad ya jadi bos, udah mau enaknya aja, bisa nyuruh2 se enaknya lagi he3..makanya banyak belajar biar jadi boss..he3..tp itu juga gk cukup, zaman sekarang kalian juga harus punya koneksi seperti saya...hahaha..(Gr)..lho kok malah curhat??!! mas inget lagi Fokus nih!!he3” ok lanjut.
 Didalam perusahaan perlu adanya Relationship, menjalin hub baik agar memudahkan kita(boss)..Amin!!he4)dalam perencanaan perusahaan tetapi harus sesuai norma yang ada.

2. Mengapa Manajemen Dibutuhkan ?
Jawab :
Kita membutuhkan manajemen karena ada tujuan yang ingin kita capai (gk usah dijelasin jg dah tau kan??)


Karena mengembangkan antar tujan yang berbeda
Penjelasan :
Misalnya, Serikat Pekerja bagi perusahaan menjadi hambatan bagi perusahaan karena pasti Serikat itu menuntut THR, “pasti bt bgt tuh boss” mau tidak mau perusahaan menerima keinginan serikat pekerja, meskipun jika dilihat sekilas merugikan perusahaan, jika menolak otomatis tidak ada karyawan yang mau bekerja sampai keinginan mereka terpenuhi sehingga proses jalannya perusahaan terhambat yang tentunya merugikan. Klo di berhentikan, ya tidak mungkin' karena perusahaan pasti membutuhkan karyawan, jadi dapat dikatakan perlu dikembangkan nya hubungan baik antara karyawan dengan perusahaan meskipun antar tujuan yang berbeda, yang penting sama-sama untung..he3(Benci tapi rindu)

Karena dapat Mencapai Efisiensi dan Efektifitas dalam pencapaian tujuan
Penjelasan :
 1.Secara Efisien (perlu dipikirkan cost benefit nya)
adalah “Kemampuan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar, dengan menghitung tingkat ratio,yang masuk dan yang keluar” setidaknya mendapatkan laba.


2.Secara Efektifitas
adalah “Kemampuan memiliki berbagai alternatif yang ada guna mencapai tujuan yang diinginkan” (Memperhitungkan sebat-sebab nya&metode yang ingin kita pakai)

Manajer yang Efisien:adalah manajer yang mempunyai kemampuan/dapat meminimumkan biaya penggunaan sumber daya(sumber daya=INPUT) yang ada untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan.
                                               
Sumber Daya Perusahaan adalah = 6M + i

Money

Man

Material

Method

Mesin

Market

Information


Manajer yang Efektif:adalah manajer yang dapat memilih pekerjaan dan metode yang tepat didalam pencapaian tujuan.

Contoh : Manajer yang banyak merekrut pegawai tetapi tidak melihat jumlah mesin yang sedikit sehingga bisa dibilang Manajer yang tidak efektif.

Dalam Manajemen harus ada : 


1.Adanya tujuan
2.Suatu proses
3.Adanya suatu keahlian
4.adanya pihak yang mengatur dan diatur

Perkembangan Manajemen 

Evolusi Teori Manajemen(sciencetific manajement).

1.Manajemen Klasik
2.Manajemen Modern
3.Manajemen Neoklasik


Gambar dibawah ini menjelaskan perbedaan Kemampuan/Keterampilan masing-masing tingkat Manajer.


Terdapat 4 Keterampilan yang dimiliki di tiap-tiap tingkatan manajer:


1. Kemampuan Konseptual

"Merupakan keterampilan/kemampuan mental untuk mengkoordinasi semua kegiatan dan semua unit yang ada dalam perusahaan."harus ada saling ketergantungan/terintegrasi Yang dimiliki lebih banyak oleh Top Manajer.

2. Kemampuan Administrasi
"Merupakan keterampilan yang ada hubungannya dengan fungsi manajemen yang dilakukan."

3. Kemampuan Teknik
"Merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang dalam menyelesaikan tugas nya secara teknis sesuai bidangnya dalam perusahaan"


4. Kemampuan Kemanusiaan 

"Merupakan kemampuan menjalin suatu hubungan yang baik antara satu sama lain dalam tingkatan/level manajemen dalam suatu perusahaan"


Tiap-tiap tingkatan manajer memiliki ukuran keterampilan yang berbeda-beda, lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar.

1 Komentar:

Fendy's Web said...

Klo ada yang salah mohon diperbaiki trims..